eprintid: 54008 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 23444 dir: disk0/00/05/40/08 datestamp: 2025-08-15 09:19:31 lastmod: 2025-08-15 09:19:31 status_changed: 2025-08-15 09:19:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FEBRIAN, ALIF FAJAR creators_id: 2224180087 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: KHASTINI, RIDA OKTORIDA contributors_name: RATNASARI, DWI contributors_id: 198110282008012017 contributors_id: 198808062024212032 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI title: PROFIL KETERAMPILAN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 GUNUNGSARI ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: FKIP divisions: Biologi full_text_status: restricted note: Kreativitas merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting dalam mendukung keberhasilan belajar, terutama dalam memahami konsep-konsep Biologi yang kompleks dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA pada salah satu SMA negeri di Kabupaten Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan kreativitas siswa dalam pembelajaran Biologi pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Analisis data mengacu pada indikator keterampilan kreativitas, yaitu keaslian, kelancaran, keluwesan, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan tingkat kreativitas yang cukup baik. Pembelajaran Biologi yang bersifat terbuka, berbasis masalah, dan melibatkan diskusi serta refleksi dapat menjadi sarana efektif untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan kreativitas siswa. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi guru untuk merancang strategi pembelajaran yang mendukung penguatan kreativitas dalam konteks sains. abstract: Creativity is recognized as a critical 21st-century skill that significantly contributes to learning success, particularly in grasping complex and contextual biological concepts. A descriptive qualitative approach was employed, with data collected through observations, interviews, and documentation of student activities during the learning process. The participants were 11th-grade science students from a public high school in Serang Regency. This study aims to describe the profile of students’ creativity skills in the context of Biology learning at the senior high school level. Data analysis was guided by indicators of creativity, namely originality, fluency, flexibility, and elaboration. The findings indicate that the majority of students demonstrated a reasonably high level of creativity. Biology instruction that is open-ended, problem-based, and incorporates discussion and reflection proves to be an effective approach for fostering and enhancing students’ creative skills. These findings offer valuable insights for educators in designing instructional strategies that support the development of creativity within the scientific learning context. date: 2025-08-15 date_type: published pages: 90 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN BIOLOGI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: FEBRIAN, ALIF FAJAR (2025) PROFIL KETERAMPILAN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/1/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/2/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/3/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/4/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/5/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/6/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/7/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/8/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/54008/9/ALIF%20FAJAR%20FEBRIAN_2224180087_LAMP.pdf