@phdthesis{eprintuntirta53991, month = {August}, note = {Minat belajar merupakan aspek penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Pada jenjang SMP, siswa cenderung membutuhkan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan perkembangan kognitif mereka dalam menumbuhkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis software Powtoon pada tema Transformasi Wujud Benda dan menganalisis tingkat kevalidannya sebagai media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Media ini dikembangkan dengan memadukan elemen visual, animasi, dan narasi sederhana agar penyampaian materi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang dibatasi pada tiga tahap awal, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh tingkat kevalidan sebesar 89,2\% dan masuk dalam kategori ?sangat valid?. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media video animasi yang dikembangkan memiliki potensi sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif. Namun, karena media ini belum diuji coba secara langsung di lingkungan sekolah, maka penerapannya dalam kelas masih memerlukan tahap uji coba lebih lanjut untuk mengukur efektivitasnya dalam menumbuhkan minat belajar siswa SMP.}, year = {2025}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Software PowtoonTema Transformasi Wujud Benda Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa SMP}, author = {Ratu Annas Tasya Azizah}, abstract = {Learning interest is an important aspect that supports the success of the learning process. At the junior high school level, students tend to require engaging, interactive learning media that align with their cognitive development to foster learning interest. This study aims to develop animated video learning media using Powtoon software on the theme Changes in the State of Matter and to analyze its level of validity as a learning medium that can enhance students? learning interest. The media was developed by combining visual elements, animation, and simple narration to make the material more appealing and easier to understand. This study employed a Research and Development (R\&D) method using the ADDIE development model, limited to the first three stages: analysis, design, and development. Validation was conducted by subject matter experts, media experts, and instructional practitioners. The validation results showed that the media achieved a validity score of 89.2\%, categorized as ?very valid.? These findings indicate that the developed animated video has the potential to serve as an effective alternative learning medium. However, since it has not yet been tested directly in a school environment, its implementation in the classroom still requires further trials to evaluate its effectiveness in increasing junior high school students? learning interest.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/53991/} }