%0 Thesis %9 S1 %A PRAMESTI, ADINDA ARDHITA %A UNIVERSITAS ULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEGURUAN, %A PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, %B PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %D 2025 %F eprintuntirta:53751 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %P 187 %T PENERAPAN MENGGAMBAR BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA AlIzzah Kota Serang) %U https://eprints.untirta.ac.id/53751/ %X This study aims to describe the implementation of free drawing activities to enhance the creativity of children aged 4–5 years at RA Al-Izzah, Serang City. The research uses a descriptive qualitative method with observation, interviews, and documentation as data collection techniques. The results indicate that free drawing activities provide children with broad opportunities to express their imagination and ideas without specific limitations. Through these activities, children show development in aspects of originality, flexible thinking, and problem-solving skills. Teachers play a crucial role in facilitating, stimulating, and creating a supportive environment for children’s creative processes. Therefore, the implementation of free drawing proves to be an effective strategy for enhancing early childhood creativity. %Z Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan menggambar bebas dalam upaya meningkatkan kreativitas anak usia 4–5 tahun di RA Al-Izzah Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menggambar bebas memberikan ruang ekspresi yang luas bagi anak dalam menuangkan imajinasi dan ideidenya tanpa batasan tertentu. Melalui aktivitas ini, anak-anak menunjukkan perkembangan dalam aspek orisinalitas, fleksibilitas berpikir, dan kemampuan memecahkan masalah secara kreatif. Guru berperan penting dalam memfasilitasi, memberikan stimulasi, serta menciptakan lingkungan yang mendukung proses berkarya anak. Dengan demikian, penerapan menggambar bebas terbukti efektif sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini.