eprintid: 53629 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 16208 dir: disk0/00/05/36/29 datestamp: 2025-08-12 04:36:19 lastmod: 2025-08-12 04:36:19 status_changed: 2025-08-12 04:36:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 2223210012@untirta.ac.id creators_name: SOLIHAT, RIRIN MAHRIATUS creators_id: 2223210012 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: JUNIARDI, YUDI contributors_name: RACHMAWATI, DINA contributors_id: 197406052003121001 contributors_id: 198212062015042002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS title: "THE ANALYSIS OF WORDWALL IN PROMOTING STUDENT LEARNING ENGAGEMENT AT FL HAUS INDONESIA" A CASE STUDY ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB2361 subjects: T1 divisions: Inggris full_text_status: restricted note: Dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL), media pembelajaran digital telah menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan keterlibatan belajar siswa. Salah satu platform tersebut, Wordwall, mengintegrasikan unsur gamifikasi untuk mendukung pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan Wordwall di kelas Jump Start di FL Haus Indonesia, dengan tujuan menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Menggunakan pendekatan studi kasus eksploratif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordwall secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam dimensi kognitif, emosional, dan perilaku. Secara kognitif, siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi; secara emosional, mereka mengungkapkan peningkatan motivasi dan rasa senang; dan secara perilaku, mereka berpartisipasi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru menilai Wordwall bermanfaat dalam penyampaian materi, khususnya dalam pengajaran kosakata dan tata bahasa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Wordwall merupakan media pembelajaran digital yang mampu meningkatkan keterlibatan belajar siswa—baik secara kognitif, emosional, maupun perilaku. Penelitian ini juga mendorong studi lanjutan untuk mengkaji penerapannya dalam konteks pendidikan yang lebih luas. Kata Kunci: Wordwall, Keterlibatan Belajar Siswa, Pendidikan EFL, Studi Kasus, Pembelajaran Bahasa Inggris abstract: In the field of English as a Foreign Language (EFL) education, digital learning media has become a valuable tool to promote student learning engagement. One such platform, Wordwall, integrates gamification to support interactive and enjoyable learning experiences. This research explores the use of Wordwall in the Jump Start class at FL Haus Indonesia, aiming to analyze its effectiveness in promoting student engagement. Using a qualitative exploratory case study approach, data were collected through classroom observations, interviews, questionnaires, and documentation. The findings showed that Wordwall significantly promotes student engagement across cognitive, emotional, and behavioral dimensions. Cognitively, students showed better understanding of the material; emotionally, they expressed increased motivation and enjoyment; and behaviorally, they participated more actively during learning activities. Teachers found Wordwall useful for delivering material, especially in teaching vocabulary and grammar. It concludes that Wordwall is a digital learning media that can promote student learning engagement—cognitively, emotionally, and behaviorally. This Research encourages further studies to examine its application in broader educational contexts. date: 2025-08-05 date_type: published pages: 190 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: SOLIHAT, RIRIN MAHRIATUS (2025) "THE ANALYSIS OF WORDWALL IN PROMOTING STUDENT LEARNING ENGAGEMENT AT FL HAUS INDONESIA" A CASE STUDY. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/1/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/4/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/5/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/6/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/7/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/8/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/15/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_Lam.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/19/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53629/20/Ririn%20Mahriatus%20S_2223210012_CP.pdf