%0 Thesis %9 S1 %A ROBBYANTI, DIVA RAMA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN NON FORMAL, %B PENDIDIKAN NON FORMAL %D 2025 %F eprintuntirta:53492 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %P 220 %T PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI ANAK USIA DINI DI PLAYGROUP AN-NURIYAH KOTA TANGERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/53492/ %X Character education is the education of noble values to form commendable characters, one of which is tolerance. This research aims to find out how the role of parents and teachers in shaping commendable character. The research used a qualitative approach with a descriptive method. Data collection was done through observation, interviews, and documentation. Sources of research data from 2 teachers and 3 parents of An-Nuriyah playgroup students in Tangerang City were determined by purposive sampling technique. Based on the results of the study, that parents have a role as exemplary by (1) Modeling good speaking by using soft tones and polite language, (2) Modeling good behavior by building good interactions and (3) Modeling good friends by making friends with all. The role of the teacher as a role model must fulfill the aspects of moral knowing by knowing and understanding moral values, moral feeling by feeling compelled to do moral things, and moral action by doing real and in accordance with morals. That way children will follow what they see as the results of observations, namely children are able to respect the opinions of friends and not impose their own will, want to mediate friends who have disputes, like to discuss with friends, like to cooperate with friends, want to share food and drinks, do not like to make noise, do not like to win alone, always greet, show empathy, like to be friends with anyone, like to help. %Z Pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai-nilai luhur untuk membentuk karakter toleransi salah satunya toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dan guru dalam membentuk karakter toleransi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian dari 2 guru dan 3 orang tua murid playgroup An-Nuriyah Kota Tangerang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa orang tua memiliki peran sebagai keteladanan dengan (1) Mencontohkan berbicara yang baik dengan menggunakan nada lembut dan bahasa yang sopan, (2) Mencontohkan berperilaku yang baik dengan membangun interaksi yang baik dan (3) Mencontohkan berteman yang baik dengan berteman dengan semua. Peran guru sebagai teladan haruslah memenuhi aspek moral knowing dengan mengetahui dan memahami nilai moral, moral feeling dengan merasa terdorong untuk melakukan hal bermoral, dan moral action dengan melakukan secara nyata dan sesuai dengan moral. Dengan begitu anak akan mengikuti apa yang dilihatnya sebagaimana hasil observasi yaitu anak mampu menghargai pendapat teman dan tidak memaksakan kehendak sendiri, mau menengahi teman yang berselisih, senang berdiskusi dengan teman, senang bekerjasama dengan teman, mau berbagi makanan dan minuman, tidak suka membuat keributan, tidak suka menang sendiri, selalu menyapa, menunjukkan rasa empati, senang berteman dengan siapa saja, senang menolong.