TY - THES EP - 172 Y1 - 2025/08/03/ AV - restricted PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA ID - eprintuntirta53464 M1 - sarjana A1 - ROBBYANTI, HADZAKIA UR - https://eprints.untirta.ac.id/53464/ N1 - Orang tua asuh memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter sejak dini melalui peran sebagai pendidik dan sebagai pembimbing yang diterapkannya didalam lingkungan sosial panti. Hal ini bukan hanya karena alasan idealisme hasil pendidikan, namun juga demi pencapaian mencetak generasi-generasi terbaik. Maka dari itu, perilaku atau karakter seorang anak tergantung peran dari asuh orang tua yang diterapkan ke dalam lingkungan sosial panti asuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua asuh sebagai pendidik dan sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter anak di Yayasan Panti Asuhan Putra Asih Kota Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan dalam teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peran orang tua asuh sebagai pendidik adalah mendidik dengan menegur secara lisan apabila terjadi kesalahan pada anak serta menanamkan kedisiplinan melalui kegiatan-kegiatan positif yang sudah terjadwal, (2) Peran orang tua asuh sebagai pembimbing adalah dengan memberikan perhatian dalam bentuk apresiasi berupa pujian, memberikan pengarahan dalam setiap kegiatan, menjadi fasilitator dalam membentuk hubungan sosial anak melalui kegiatan sosial, dan menanamkan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memberikan teladan yang baik dalam bentuk memberikan contoh atau perilaku yang baik kepada anak asuh dikegiatan setiap hari serta meninggalkan keburukan demi kebaikan. TI - PERAN ORANG TUA ASUH SEBAGAI PENDIDIK DAN SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI YAYASAN PANTI ASUHAN PUTRA ASIH KOTA TANGERANG N2 - Foster parents play a very important role in character building from an early age through their role as educators and mentors in the social environment of the orphanage. This is not only for the sake of idealistic educational outcomes, but also for the sake of producing the best generations. Therefore, a child's behavior or character depends on the role of foster parents as applied in the social environment of the orphanage. The purpose of this study is to determine the role of foster parents as educators and mentors in shaping the character of children at the Putra Asih Orphanage Foundation in Tangerang City. The approach used in this study is qualitative with a descriptive method and data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Based on the results of the research, the following conclusions can be drawn: (1) The role of foster parents as educators is to educate by verbally reprimanding children when they make mistakes and instilling discipline through scheduled positive activities, (2) The role of foster parents as mentors is to provide attention in the form of appreciation through praise, give guidance in every activity, act as facilitators in forming children's social relationships through social activities, and instill belief in God Almighty, set a good example by demonstrating good behavior to foster children in daily activities, and avoid negative behaviors for the sake of goodness. ER -