@mastersthesis{eprintuntirta53449, note = {Keterbatasan tenaga ahli dan professional di lingkungan LPKA untuk melakukan pembinaan terhadap ABH sehingga digantikan dengan petugas LPKA untuk melaksanakan pembinaan ABH menyebabkan tidak maksimalnya pembinaan pendidikan, pembinaan kepribadian, dan pembinaan kemandirian terhadap ABH, serta mengakibatkan terjadinya pengulangan tindak pidana oleh ABH yang baru dibebaskan dari LPKA. Masalah yang dibahas yaitu bagaimana konsep Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dikaitkan dengan masa depan Anak yang Berkonflik dengan Hukum (ABH), serta bagaimana implementasi pembinaan terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum (ABH) yang telah menjalani pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Kesimpulan: (1) Konsep LPKA dikaitkan dengan masa depan ABH, hingga kini belum sepenuhnya mempu menjalankan fungsi idealnya sebagai institusi rehabilitatif dan edukatif. Hal ini disebabkan oleh berbagai keterbatasan mendasar, antara lain minimnya keterlibatan tenaga ahli professional di bidang psikologi, pendidikan, dan sosial, serta pendekatan pembinaan yang masih bersifat monoton dan administratif; (2) Implementasi Pembinaan terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum (ABH) yang Telah Menjalani Pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) sejauh ini tidak efektif, hal ini karena adanya kegagalan yang bersumber pada berbagai persoalan mendasar, terutama minimnya keterlibatan tenaga ahli professional dalam proses pembinaan. Saran: (1) Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan RI diharapkan dapat melakukan kebijakan strategis dengan menempatkan tenaga ahli profesional secara merata di seluruh LPKA di Indonesia. Keberadaan psikolog anak, konselor sosial, guru khusus, dan pelatih keterampilan merupakan elemen krusial dalam membentuk sistem pembinaan yang komprehensif dan responsif terhadap kebutuhan tumbuh kembang serta pemulihan psikologis ABH; (2) Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan yang membawahi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) diharapkan dapat melakukan reformulasi kebijakan pembinaan terhadap ABH secara lebih progresif, komprehensif, dan berorientasi pada pemulihan anak sebagai individu yang utuh. Kebijakan pembinaan perlu mengintegrasikan pendekatan pendidikan karakter, intervensi psikososial, konseling, pemulihan mental, serta pelatihan keterampilan berbasis nilai kedisiplinan dan kemanusiaan.}, author = {FITRIAH FITRIAH}, year = {2025}, title = {KONSEP PEMBINAAN TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM YANG TELAH MENJALANI PIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA)}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, keywords = {Coaching, Children in Conflict with the Law, Criminal, LPKA. Pembinaan, Anak yang Berkonflik dengan Hukum, Pidana, LPKA.}, abstract = {The limited number of experts and professionals in the LPKA environment to provide guidance to ABH so that they are replaced by LPKA officers to carry out ABH guidance causes not optimal educational development, personality development, and independence development for ABH, and results in the repetition of criminal acts by ABH who have just been released from LPKA. The problem discussed is how the concept of the Child Special Development Institution (LPKA) is associated with the future of Children in Conflict with the Law (ABH), and how the implementation of guidance for Children in Conflict with the Law (ABH) who have served a sentence at the Child Special Development Institution (LPKA). This type of research is normative legal research. Conclusion: ((1) The concept of LPKA is associated with the future of ABH, until now it has not been able to fully carry out its ideal function as a rehabilitative and educative institution. This is due to various fundamental limitations, including the lack of involvement of professional experts in the fields of psychology, education and social affairs, as well as a coaching approach that is still monotonous and administrative in nature; (2) The implementation of coaching for children in conflict with the law (ABH) who have undergone punishment in the Special Development Institution for Children (LPKA) has so far been ineffective, this is due to failures that stem from various fundamental problems, especially the lack of involvement of professional experts in the coaching process. Suggestions: (1) The Ministry of Immigration and Corrections is expected to implement a strategic policy by placing professional experts equally in all LPKA in Indonesia. The existence of child psychologists, social counselors, special teachers, and skills trainers is a crucial element in forming a comprehensive coaching system that is responsive to the needs of growth and development and psychological recovery of ABH; (2) The Ministry of Immigration and Corrections in charge of the Child Special Development Institution (LPKA) is expected to reformulate the coaching policy for ABH in a more progressive, comprehensive, and oriented towards the recovery of children as whole individuals. The coaching policy needs to integrate character education approaches, psychosocial interventions, counseling, mental recovery, and skills training based on disciplinary and humanitarian values.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/53449/} }