%T PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BALOK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD CHORIUNNISA KOTA BANDAR LAMPUNG %A DINA ANNA MARIA SIMBOLON %D 2025 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %X Dina Anna Maria Simbolon, 2221190091, 2024. "Teacher Learning Patterns Using Media Tools in Enhancing Social-Emotional Intelligence in Early Childhood at PAUD Choriunnisa, Bandar Lampung City.". Supervisor I: Herlina Siregar, M.Pd. Supervisor II: Ahmad Fauzi, M.Pd Early childhood education is an effort to stimulate, guide, nurture, and provide learning activities that will develop children's abilities and skills. From an early age, children are expected to develop social-emotional intelligence, enabling them to adapt to societal rules and norms. As educators, it is essential to train children in developing their social-emotional skills, starting with modeling small actions such as apologizing when making a mistake, saying "excuse me" when passing by a group of people sitting or walking with a slight bow, and saying "thank you" when receiving something from others or when someone congratulates them on their achievements, as well as offering condolences when someone faces misfortune. The purpose of this study is to explore how teachers' learning patterns using media aids can enhance social-emotional intelligence in children, how children's socialemotional intelligence develops, and the supporting and inhibiting factors in this learning process. This research uses a qualitative method that produces descriptive data. The findings of this study indicate that: (1) Teachers' learning patterns using media aids are seen in creating a conducive learning environment, the active participation of students, and the optimization of learning media, which is quite good and has shown success; (2) the social-emotional intelligence outcomes in children; and (3) the supporting and inhibiting factors in the teachers' learning patterns with media aids. The supporting factors include more effective and efficient learning, educators presenting material concisely, and engaging children actively, while the inhibiting factors include a lack of learning media materials and insufficient creativity from teachers in selecting media. Keywords: Teacher's Learning Pattern Using Media Aids, Social-Emotional Intelligence, Early Childhood Education. %L eprintuntirta53440 %O Dina Anna Maria Simbolon, 2221190091, 2024. "Penerapan Media Pembelajaran Balok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini Di PAUD Choriunnisa Kota Bandar Lampung". Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Suherman, M.Pd dan Pembimbing II Herlina Siregar, M.Pd. Pendidikan anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Sejak usia dini, diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan dan norma yang berlaku di masyarakat. Sebagai pendidik harus melatih anak dalam mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya dapat dimulai dengan memberi contoh terhadap hal-hal kecil, seperti meminta maaf apabila telah melakukan kesalahan, mengucapkan permisi ketika akan melewati kerumunan orang-orang yang sedang duduk, dan mengucapkan terima kasih ketika diberi sesuatu oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini melihat bagaimana pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional, bagaimana kecerdasan sosial emosional anak dan faktor pendukung dan penghambat pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dilihat dari menciptakan suasana yang kondusif saat pembelajaran berlangsung, keaktifan anak didik, dan media pembelajaran sudah optimal, cukup baik dan ada suatu keberhasilan, (2) hasil kecerdasan sosial emosional anak, (3) faktor pendukung dan penghambat pola pembelajaran guru dengan alat bantu media, faktor pendukung yaitu pembelajaran lebih efektif dan efisien, pendidik menyampaikan materi tidak terlalu panjang dan membuat anak aktif dan faktor penghambat yaitu kurangnya bahan media pembelajaran dan kurangnya kreatif guru dalam memilih media. Kata kunci: Pola Pembelajaran Guru Dengan Alat Bantu Media, Kecerdasan Sosial Emosional, Pendidikan Anak Usia Dini