TY - THES A1 - Nauroh, Rahmi N1 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual berdasarkan mitos pada kelompok budaya sunda untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan psikomotorik siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA, yang diketahui dari hasil penilaian sikap ilmiah, penilaian kemampuan psikomotorik, dan angket repon siswa terhadap penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) lanjutan pada tahap uji coba skala luas dengan sampel 4 sekolah yaitu SMAN 1 Cijaku, SMAN 2 Cijaku, SMAN 1 Malingping, SMAN 2 Malingping, dengan jumlah responden masing-masing sekolah 30 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi penilaian sikap ilmiah, lembar penilaian psikomotorik siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu penilaian sikap ilmiah 83,27 pada kategori baik, dalam menumbuhkan kemampuan psikomotorik siswa memperoleh nilai rata-rata yaitu 94,06 pada kategori sangat baik, dan respon siswa terhadap penggunaan LKS memperoleh nilain rata-rata 95,87 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang dihasilkan, penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sangat efektif dalam menumbuhkan sikap ilmiah dan psikomotorik siswa. Kata kunci : efektivitas, kemampuan psikomotorik, lembar kerja siswa (LKS), sikap ilmiah, sistem reproduksi Y1 - 2025/08/01/ UR - https://eprints.untirta.ac.id/53437/ TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL (MITOS REPRODUKSI DI KELOMPOK BUDAYA SUNDA) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH DAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI SMA AV - restricted N2 - This study aims to examine the effectiveness of using context-based Student Worksheets (LKS) derived from myths within Sundanese cultural groups in fostering scientific attitudes and psychomotor skills among students in the reproductive system material for 11th-grade high school students. This was assessed through evaluations of scientific attitudes, psychomotor skills assessments, and student response questionnaires regarding the use of the Student Worksheets (LKS). The study is a follow-up Research and Development (R&D) study at the large-scale trial phase, involving samples from four schools: SMAN 1 Cijaku, SMAN 2 Cijaku, SMAN 1 Malingping, and SMAN 2 Malingping, with 30 student respondents from each school. The sampling was conducted using a simple random sampling technique.The instruments used in this study include observation sheets for scientific attitude assessments, psychomotor skill assessment sheets, and student response questionnaires. Based on the data analysis, the results show that the scientific attitude assessment scored 83.27 in the "good" category, the average score for fostering students' psychomotor skills was 94.06 in the "very good" category, and the average student response to the use of the worksheets scored 95.87 in the "highly appropriate" category. Based on these findings, the use of Student Worksheets (LKS) is highly effective in fostering scientific attitudes and psychomotor skills among students. Keywords: effectiveness, psychomotor skills, student worksheets (LKS), scientific attitudes, reproductive system EP - 143 ID - eprintuntirta53437 M1 - sarjana PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA ER -