TY - THES A1 - APRIYANTI, SISKA N1 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MIN 1 Serang. Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu: (1) profil guru profesional yang dimiliki oleh MIN 1 Serang; (2) aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; dan (3) tantangan yang dihadapi guru profesional dalam menjalankan tugasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga guru, yaitu dua guru kelas dan satu guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru profesional di MIN 1 Serang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, pengalaman mengajar yang cukup panjang, dan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri seperti pelatihan dan forum MGMP. Ketika pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan metode yang bervariasi dan kreatif, seperti diskusi kelompok, demonstrasi, bermain peran, kuis interaktif, serta pemanfaatan media digital. Guru juga melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dan menerapkan penilaian yang berkelanjutan, baik secara formatif maupun sumatif. Tantangan yang dihadapi guru meliputi keterbatasan waktu, fasilitas pembelajaran, kurangnya keterlibatan orang tua, serta keberagaman karakter peserta didik. Meskipun demikian, guru menunjukkan sikap adaptif dan kolaboratif dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut. Kesimpulannya, guru profesional di MIN 1 Serang memiliki peran strategis dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas, baik dari aspek akademik, karakter, maupun keterlibatan peserta didik. Profesionalisme guru tercermin dari kemampuannya dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan merefleksikan pembelajaran secara berkelanjutan. UR - https://eprints.untirta.ac.id/53290/ EP - 342 TI - PERAN GURU PROFESIONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MIN 1 SERANG PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA ID - eprintuntirta53290 Y1 - 2025/07/31/ M1 - sarjana N2 - This research aims to describe the role of professional teachers in improving the quality of learning at MIN 1 Serang. The focus of this research includes three main aspects: (1) the profile of professional teachers at MIN 1 Serang; (2) the learning activities carried out by professional teachers to enhance the quality of learning; and (3) the challenges faced by professional teachers in carrying out their duties. The research method used is qualitative descriptive, with data collection techniques through interviews, observations, and documentation. The subjects of the research consist of three teachers, namely two classroom teachers and one subject teacher. The research findings indicate that the professional teachers at MIN 1 Serang have appropriate educational backgrounds, sufficient teaching experience, and are actively involved in various self-development activities such as training and MGMP forums. During the learning process, teachers apply a variety of creative methods, such as group discussions, demonstrations, role-playing, interactive quizzes, and the use of digital media. Teachers also actively involve students in the learning process and implement ongoing assessments, both formative and summative. The challenges faced by teachers include time constraints, limited learning facilities, lack of parental involvement, and the diversity of student characters. Nevertheless, teachers show adaptive and collaborative attitudes in overcoming these various obstacles. In conclusion, professional teachers at MIN 1 Serang play a strategic role in creating quality learning, both from academic, character, and student engagement aspects. Teacher professionalism is reflected in their ability to design, implement, evaluate, and reflect on learning continuously. AV - restricted ER -