%A ROHMALIA HAYATUN NUFUS %D 2025 %O Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil literasi ICT literasi siswa SMA Negeri 1 Ciomas pada materi perubahan lingkungan dan untuk mengetahui perbandingan tingkat literasi ICT siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Tingkat literasi ICT siswa diukur pada dimensi pengetahuan, yang dikembangkan dari 6 indikator yaitu mendefinisikan, mengakses, mengelola, mengintegrasi, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Ciomas tahun pelajaran 2025/2026. Sampel penelitian ini teridri dari 84 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji One Sample T-test untuk menganalisis perbandingan tingkat literasi ICT siswa laki- laki dan perempuan. Hasil uji statistik menunjukkan rata- rata nilai literasi ICT siswa SMA Negeri 1 Ciomas sebesar 65,5 yang berada pada kategori cukup. Hasil uji One Sample T-test menunjukkan nilai sig sebesar 0,275. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi ICT siswa SMA Negeri 1 Ciomas berada pada kategori cukup, dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat literasi ICT siswa laki-laki dan perempuan. %L eprintuntirta53199 %T ANALISIS LITERASI ICT SISWA SMA N 1 CIOMAS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF GENDER %X This study aims to determine the ICT literacy profile of SMA Negeri 1 Ciomas students on environmental change material and to determine the comparison of the level of ICT literacy of male and female students. This research is a descriptive quantitative research. Students' ICT literacy level is measured in the knowledge dimension, which is developed from 6 indicators, namely defining, accessing, managing, integrating, evaluating, and communicating. The population in this study was all class X SMA Negeri 1 Ciomas in the 2025/2026 academic year. The sample of this study consisted of 84 students selected using purposive sampling technique. Data collection techniques using multiple choice tests, observation, and documentation. Data analysis techniques using One Sample T-test to analyze the comparison of ICT literacy levels of male and female students. The statistical test results show the average ICT literacy score of SMA Negeri 1 Ciomas students is 65.5 which is in the sufficient category. The One Sample T- test results show an sign value of 0.275. Based on the results of the study, it can be concluded that the level of ICT literacy of SMA Negeri 1 Ciomas students is in the sufficient category, and there is no significant difference between the level of ICT literacy of male and female students. %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA