%0 Thesis %9 S1 %A Fachrunisa, Inggit %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING, %B BIMBINGAN DAN KONSELING %D 2025 %F eprintuntirta:53158 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %P 202 %T EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA MUSIK K-POP TERHADAP SELF-ESTEEM REMAJA (Studi Quasi-Eksperimen Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ciruas Tahun Pembelajaran 2024/2025) %U https://eprints.untirta.ac.id/53158/ %X Self-esteem is a crucial aspect of adolescent development, yet not all adolescents possess it at a healthy level due to environmental pressures and identity exploration. Music, particularly K-pop, has emotional closeness with teenagers and holds potential as a medium in group counseling services. This study aims to examine the effectiveness of group counseling using K-pop music as a medium to improve adolescents’ self-esteem. The study employed a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. The sample consisted of 20 eleventh-grade students from SMAN 1 Ciruas in the 2024/2025 academic year, divided into an experimental group and a control group. The instrument used was a self-esteem scale based on Coopersmith’s theory (1967), with a reliability coefficient of 0.884. The results showed an increase in the experimental group, with an average N-Gain score of 0.6161 (categorized as moderately effective), while the control group remained in its initial condition without any intervention. The Mann Whitney test showed an Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.002 < 0.05, indicating a significant difference between the experimental and control groups. Thus, group counseling using K-pop music as a medium is proven to be effective in enhancing adolescents’ self-esteem. %Z Self-esteem merupakan aspek penting dalam perkembangan remaja, namun tidak semua remaja memilikinya dalam tingkat yang sehat akibat tekanan lingkungan dan pencarian identitas diri. Musik, khususnya K-pop, memiliki kedekatan emosional dengan remaja dan berpotensi dimanfaatkan sebagai media dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui media musik K-pop dalam meningkatkan self-esteem remaja. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari 20 siswa kelas XI SMAN 1 Ciruas tahun ajaran 2024/2025 yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrument self-esteem berdasarkan teori Coopersmith (1967) dengan nilai reliabilitas sebesar 0,884. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,6161 (kategori cukup efektif), sementara kelompok kontrol tetap pada kondisi awal tanpa adanya intervensi. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok menggunakann media musik K-pop terbukti efektif dalam meningkatkan self-esteem remaja.