%0 Thesis %9 S1 %A WARNI, ENOK %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN, %B PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN %D 2025 %F eprintuntirta:53126 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %P 104 %T PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 2 KOTA SERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/53126/ %X The purpose of this study was to determine the effect of the welding practice learning environment on student learning outcomes at SMK Negeri 2 Serang City. This type of research is quantitative research with an associative approach. The location of the study was carried out at SMK Negeri 2 Serang City using a questionnaire distributed in class 11 Welding Engineering with a total of 51 students using the Slovin formula (10%). The data analysis techniques used were validity test, reliability test, normality test, linearity test, simple linear regression test, and partial test. The results obtained were that R2 0.495 (49.5%) and the significance value was 0.000 which means 0.000 <0.05, so Ha (There is a significant influence between the learning environment (X) on learning outcomes (Y). %Z Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar praktik pengelasan terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Kota Serang dengan menggunakan angket/kuisioner yang disebar di kelas 11 Teknik Pengelasan dengan jumlah 51 siswa dengan menggunakan rumus slovin(10%). Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan uji parsial. Adapun hasil yang didapatkan bahwa R2 0,495 (49,5%) dan nilai signifikansinya yaitu 0,000 yang berarti 0,000< 0,05, sehingga Ha (Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar(X) terhadap hasil belajar(Y).