@phdthesis{eprintuntirta53126, note = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar praktik pengelasan terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Kota Serang dengan menggunakan angket/kuisioner yang disebar di kelas 11 Teknik Pengelasan dengan jumlah 51 siswa dengan menggunakan rumus slovin(10\%). Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan uji parsial. Adapun hasil yang didapatkan bahwa R2 0,495 (49,5\%) dan nilai signifikansinya yaitu 0,000 yang berarti 0,000{\ensuremath{<}} 0,05, sehingga Ha (Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar(X) terhadap hasil belajar(Y).}, month = {July}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 2 KOTA SERANG}, author = {ENOK WARNI}, year = {2025}, abstract = {The purpose of this study was to determine the effect of the welding practice learning environment on student learning outcomes at SMK Negeri 2 Serang City. This type of research is quantitative research with an associative approach. The location of the study was carried out at SMK Negeri 2 Serang City using a questionnaire distributed in class 11 Welding Engineering with a total of 51 students using the Slovin formula (10\%). The data analysis techniques used were validity test, reliability test, normality test, linearity test, simple linear regression test, and partial test. The results obtained were that R2 0.495 (49.5\%) and the significance value was 0.000 which means 0.000 {\ensuremath{<}}0.05, so Ha (There is a significant influence between the learning environment (X) on learning outcomes (Y).}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/53126/} }