%0 Thesis %9 S1 %A ANDRIANA PUTRI, HANIFA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, %B PENDIDIKAN MATEMATIKA %D 2025 %F eprintuntirta:53084 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %P 183 %T PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI SMA %U https://eprints.untirta.ac.id/53084/ %X This study aims to describe the profile of students’ mathematical creative thinking abilities through collaborative learning that combines the Group Investigation (GI) and Student Team Achievement Division (STAD) models at the senior high school level. This research employed a descriptive qualitative approach with data collected through observation, questionnaires, tests, and interviews. The subjects consisted of 36 students from class XI 4 of SMA Negeri 6 Pandeglang, divided into five collaborative learning groups. The integration of the GI and STAD models was designed to combine the strengths of both approaches: the investigative and reflective aspects of GI and the individual accountability and group reward system of STAD. The results indicated that students’ mathematical creative thinking abilities were categorized as moderate to high. The indicators of fluency (idea fluency) and flexibility (variety of strategies) were more dominant than originality (uniqueness of ideas) and elaboration (depth of solution). The collaborative group process supported the development of creative ideas through discussions, strategy sharing, and joint problem solving. Since achievements were obtained through group work, the resulting profile of creative thinking ability reflects the outcome of collaborative efforts rather than individual performance. Thus, collaborative learning based on the integration of GI and STAD models contributes positively to the development of students' mathematical creative thinking abilities, particularly in the aspects of flexibility and fluency %Z Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik melalui pembelajaran kolaboratif yang menggabungkan model Group Investigation (GI) dan Student Team Achievement Division (STAD) di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas XI 4 SMA Negeri 6 Pandeglang yang dibagi ke dalam lima kelompok belajar secara kolaboratif. Penggabungan model GI dan STAD dilakukan untuk mengintegrasikan kelebihan kedua model, yaitu kemampuan investigatif dan reflektif dari GI serta akuntabilitas individu dan penghargaan kelompok dari STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik berada pada kategori sedang hingga tinggi. Indikator fluency (kelancaran ide) dan flexibility (keragaman strategi) lebih dominan dibandingkan dengan originality (keunikan ide) dan elaboration (pendalaman solusi). Proses kolaboratif dalam kelompok terbukti mendukung pengembangan ide-ide kreatif melalui diskusi, pertukaran strategi, dan pemecahan masalah secara bersama. Karena pencapaian diperoleh melalui kerja kelompok, maka profil kemampuan berpikir kreatif yang dihasilkan merupakan cerminan dari hasil kolaborasi kelompok, bukan perseorangan. Dengan demikian, pembelajaran kolaboratif berbasis penggabungan GI dan STAD memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, khususnya pada aspek fleksibilitas dan kelancaran berpikir.