eprintid: 53006 rev_number: 35 eprint_status: archive userid: 2758 dir: disk0/00/05/30/06 datestamp: 2025-08-01 01:52:26 lastmod: 2025-08-01 01:52:26 status_changed: 2025-08-01 01:52:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROSADI, AINI APRILIANI creators_id: 2287190027 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Pratama, Toni contributors_name: Asmiati, Neti contributors_id: 0014118702 contributors_id: 199108252023212051 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN KHUSUS title: PENGEMBANGAN MEDIA MENSTRUAL HYGIENE MANAGEMENT SMART BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENSTRUAL HYGIENE MANAGEMENT PADA SISWI DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN DI SKH PELANGI ANAKKU ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB1603 divisions: Khusus full_text_status: restricted note: Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil temuan rendahnya pemahaman menstrual hygiene management pada siswi dengan hambatan intelektual di SKh Pelangi Anakku. Meski sekolah sudah memiliki program bina diri, namun siswi belum pernah menerima pembelajaran tentang menstrual hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran terkait berupa Menstrual Hygiene Management (MHM) Smartbook yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory mixed method dengan pengumpulan data kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui uji coba media dengan desain one group pre-test post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan media MHM Smartbook memenuhi kriteria kelayakan setelah divalidasi oleh ahli. UJi Wilcoxon menunjukkan nilai Thitung = 15 dan Ttabel = 0 pada taraf signifikansi 0,5 dengn N = 5, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, media MHM Smartbook berpotensi efektif dalam meningkatkan pemahaman menstrual hygiene management siswi dengan hambatan intelektual. abstract: This research is motivated by the findings of low understanding of menstrual hygiene management in female students with intellectual disabilities at SKh Pelangi Anakku. Although the school already has a self-development program, the students have never received learning about menstrual hygiene. This study aims to develop a related learning media in the form of Menstrual Hygiene Management (MHM) Smartbook that is tailored to the needs of students. The method used in this study is an exploratory mixed method with qualitative data collection through observation, interviews, and documentation. While quantitative data were obtained through media trials with a one group pre-test post-test desiibility criteria after being validated by experts. The Wilcoxon test shows a Tcount value = 15 and Ttable = 0 at a significance level of 0.5 with N = 5, so H0 is rejected. Thus, the MHM Smartbook media has the potential to be effective in improving the understanding of menstrual hygiene management of female students with intellectual disabilities. date: 2025-07-29 date_type: published pages: 214 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN KHUSUS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: American Association on Intellectual and Developmental Disabilities. (2010). Intellectual Disability: Definition, Classification, and Systems of Supports (11th ed.). Washington, DC: AAIDD. Apriliani, L. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Siswa Tunarungu Kelas V SLB B Dharma Asih Depok. (Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia). Akmal Hadi Maulana, 1013053100 (2014) Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Zulkifli Sd Muhammadiyah Metro Pusat Kota Metro. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. Atricio, Barriga-Pooley & Brantes, Sergio. (2018). Normal Menstrual Cycle. 10.5772/intechopen.79876 Ayu Sintia Dewi, N. K. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik, Tingkat Konsumsi Zat Gizi Makro Dan Status Gizi Dengan Siklus Menstruasi Pada Siswi Di SMAN 1 Rendang, Karangasem (Doctoral dissertation, POLTEKKES DENPASAR). Aziz, S. (2014). Pendidikan Seks Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Kependidikan, 2(2), 182-204. Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak dengan Hambatan Intelektual. Prodi PLB FKIP ULM Banjarmasin Kalimantan Selatan Departemen Pendidikan Nasional. (1990) Teknologi Pendidikan dan Sarana Belajar. Jakarta: Direktorat Tenaga Teknis Ditjen Diklusepora Depsiknas. Endang Srihartati (2016) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pemerolehan Konsep Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. (Tesis Magister, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Faisal, S. (1990). Penelitian kualitatif : Dasar-Dasar dan Aplikasinya. Malang : Yayasan Asih Asah Asuh (YA3). Fatmasari, R. (2014). Pengaruh Rebusan Daun Sirih Merah Terhadap Penurunan Keputihan Pada Remaja Putri Wilayah Karangpucung Purwokerto Selatan (Disertasi Doktoral, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education. Ghoni, D. (2020). Analisis dan Interpretasi Data Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama. Hasan, Anisa (2017) Penerapan metode Role Playing (bermain peran)untuk meningkatkan pemahaman penjumlahan dan pengurangan bilangan pada mata pelajaran Matematika kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo. (Tesis Magister, UIN Sunan Ampel Surabaya.) Hermawan, Budi (2020). Modul Guru:Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas bagi Remaja dengan Disabilitas Intelektual. Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rutgers WPF Indonesia Kurniawan, Aldo Febriananto and Trisetiyono, Yuli and Pramono, Dodik (2016) Pengaruh Olahraga Terhadap Keteraturan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Tahun 2016. (Tesis Magister, Universitas Diponegoro) Kusmiran, E. (2014) . Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta, Salemba Medika. Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. Liwe, S. (2018). Hubungan antara Indeks Massa Tubuh dengan Usia Pertama Kali Menstruasi (Menarche) pada Remaja di SMPN 2 Nekamese Kabupaten Kupang. HMK Health Journal, 2 Marwan, (2023). Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan Mixed Methods Dilengkapi Analisis Data Dengan SPSS. Banda Aceh: Bandar Publishing. Mukminan, (2008) Pengembangan Media Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta Okyranida, I. Y. (2015). Pembelajaran Fisika Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya SMP/MTs Kelas VIII (Disertasi Doktoral, Universitas Sebelas Maret). Pagarra, H., Syawaludin, A., Krismanto, W., & Sayidiman, S. (2022) Media Pembelajaran. (Cet. 1). Badan Penerbit UNM, Makassar. Pane, I., Hadju, V. A., Maghfiroh, L., Akbar, H., Simamora, R. S., Lestari, Z. W., Galih, A. P., Wijayanto, P. W., Waluyo, Uslan, & Aulia, U. (2021). Desain Penelitian Mixed Method. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Pasyola, N. E. (2018). Pengaruh parenting self-efficacy dan optimisme terhadap psychological well-being pada Ibu yang memiliki anak dengan intellectual disability (Disertasi Doktoral, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Prawirohardjo, S. (2011). Ilmu Kandungan Edisi Ketiga, (Cet. 1). Jakarta: PT. Bina Sarana Sarwono Prawirohardjo Rosmita, R. A. (2018). Kajian Dan Penanaman Nilai Budaya Melalui Pembelajaran Tari Bedayou Tulang Bawang Untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Siswa SMA. (Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia) Retno, D. (2016). Strategi Pengembangan Perilaku Adaptif Anak Tunagrahita Melalui Model Pembelajaran Langsung. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 12. Safitri, T. (2021). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dan Seksual Yang Komprehensif Membentuk Remaja Berkualitas. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 60-68. Sanadathifah, T. H. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstrual Hygiene Management Dengan Perilaku Remaja Saat Menstruasi Pada Siswi Kelas VII SMP N 1 Kalibawang Kulonprogo (Disertasi Doktoral, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta). Sarah Emmanuel Haryon, H. A. (2018). Implementasi Pendidikan Sex Pada Anak Usia Dini Di Sekolah. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 24-34. Sharfina, Hulwani (2022) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Dengan Tindakan Personal Hygiene Saat Menstruasi pada Tunagrahita di SLB Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas. Sholicha, M. (2020). Gambaran Karakteristik dan Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche Pada Siswi Kelas VIII SMP Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta Tahun 2019. (Disertasi Doktoral, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta). Sinaga, E., Saribanon, N., Sa'adah, N., Salamah, U., Suprihatin, Murti, Y. A., Trisnamiati, A., & Lorita, S. (2017). Manajemen Kesehatan Menstruasi. Universitas Nasional , IWWASH , Global One. Somantri, S. (2018). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Tedy, F. (2013). Pengembangan Aplikasi Ticketing Berbasis QR Code dengan Data Terenkripsi untuk Stadion Utama Gelora Bung Karno (Disertasi Doktoral, UAJY). UNESCO. (2018). International Technical Guidance on Sexuality Education: an Evidence-Informed Approach (Revised Edition ed.). UNESCO Publishing. UNICEF. (2019). Guidance on Menstrual Health and Hygiene (First Edition). New York: Programme Division/WASH. Wiknjosastro. (2005). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo. Yusuf, D. F. (2016). Faktor yang Berhubungan Dengan Praktik Menstrual Hygiene Genitalia pada Siswi SMPLB Tunagrahita di Kota Semarang Tahun 2015. JHE (Journal of Health Education), 1(1). citation: ROSADI, AINI APRILIANI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MENSTRUAL HYGIENE MANAGEMENT SMART BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENSTRUAL HYGIENE MANAGEMENT PADA SISWI DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN DI SKH PELANGI ANAKKU. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/1/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/19/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/3/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/4/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/5/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/6/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/7/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/8/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/53006/9/AINI%20APRILIANI%20ROSADI_2287190027_LAMP.pdf