%0 Thesis %9 S1 %A ROSADI, AINI APRILIANI %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN KHUSUS, %B PENDIDIKAN KHUSUS %D 2025 %F eprintuntirta:53006 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %P 214 %T PENGEMBANGAN MEDIA MENSTRUAL HYGIENE MANAGEMENT SMART BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENSTRUAL HYGIENE MANAGEMENT PADA SISWI DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN DI SKH PELANGI ANAKKU %U https://eprints.untirta.ac.id/53006/ %X This research is motivated by the findings of low understanding of menstrual hygiene management in female students with intellectual disabilities at SKh Pelangi Anakku. Although the school already has a self-development program, the students have never received learning about menstrual hygiene. This study aims to develop a related learning media in the form of Menstrual Hygiene Management (MHM) Smartbook that is tailored to the needs of students. The method used in this study is an exploratory mixed method with qualitative data collection through observation, interviews, and documentation. While quantitative data were obtained through media trials with a one group pre-test post-test desiibility criteria after being validated by experts. The Wilcoxon test shows a Tcount value = 15 and Ttable = 0 at a significance level of 0.5 with N = 5, so H0 is rejected. Thus, the MHM Smartbook media has the potential to be effective in improving the understanding of menstrual hygiene management of female students with intellectual disabilities. %Z Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil temuan rendahnya pemahaman menstrual hygiene management pada siswi dengan hambatan intelektual di SKh Pelangi Anakku. Meski sekolah sudah memiliki program bina diri, namun siswi belum pernah menerima pembelajaran tentang menstrual hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran terkait berupa Menstrual Hygiene Management (MHM) Smartbook yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory mixed method dengan pengumpulan data kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui uji coba media dengan desain one group pre-test post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan media MHM Smartbook memenuhi kriteria kelayakan setelah divalidasi oleh ahli. UJi Wilcoxon menunjukkan nilai Thitung = 15 dan Ttabel = 0 pada taraf signifikansi 0,5 dengn N = 5, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, media MHM Smartbook berpotensi efektif dalam meningkatkan pemahaman menstrual hygiene management siswi dengan hambatan intelektual.