%0 Thesis %9 S1 %A RUSNIAWATI, RUSNIAWATI %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS, %B PENDIDIKAN KHUSUS %D 2025 %F eprintuntirta:52804 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %P 205 %T PENERAPAN METODE DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ALTERNATIVE BEHAVIOR (DRA) DALAM MENGURANGI PERILAKU MALADAPTIF PADA ANAK AUTIS KELAS III SDKH DI SEKOLAH KHUSUS ELOK ASRI %U https://eprints.untirta.ac.id/52804/ %X The subject of this study was a third grade autistic child at SKh Elok Asri Elementary School who showed maladaptive behavior in the form of nose picking using fingers and licking fingers after picking his nose. This behavior caused the subject to have nosebleeds, lack of focus in learning and completing assignments. Seeing this problem, the researcher will try to modify behavior in the form of applying the Differential Reinforcement Of Alternative Behavior (DRA) method to the subject. This study aims to determine whether the DRA method can reduce maladaptive behavior shown by the subject. This study uses the Single Subject Research (SSR) experimental method with an A-B-A design. Data collection in this study used observation techniques and was analyzed using descriptive statistics presented in the form of tables and graphs. The frequency of nose-picking behavior at school at baseline (A2) 37 is smaller than the baseline result (A1) 47. The frequency of finger-licking behavior after picking the nose at baseline phase 2 (A2) is 32, which is below the baseline phase 1 (A1) 41. Furthermore, nose-picking behavior at home at baseline (A2) 26 is smaller than the baseline result (A1) 31. The frequency of finger-licking behavior after picking the nose at baseline phase 2 (A2) is 18, which is below the baseline phase 1 (A1) 25. The results of the study conducted at school and at home showed that the DRA method can reduce maladaptive behavior in subjects. %Z Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak autis kelas III SD di SKh Elok Asri yang menunjukkan perilaku maladaptif berupa perilaku mengupil menggunakan jari dan perilaku menjilat jari setelah mengupil. Perilaku tersebut menyebabakan subjek mimisan, kurang fokus dalam pembelajaran dan pengerjaan tugas. Melihat permasalahan tersebut, peneliti akan mencoba melakukan modifikasi perilaku berupa penerapan metode Differential Reinforcement Of Alternative Behavior (DRA) pada subjek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode DRA dapat mengurangi perilaku maladaptif yang ditunjukkan subjek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dianalisis menggunakan ststistik deskripstif yang disajikan dalam bentuk tabel dan garfik. Frekuensi perilaku mengupil di sekolah pada baseline (A2) 37 lebih kecil dari hasil baseline (A1) 47. Adapun frekuensi perilaku menjilat jari setelah mengupil pada fase baseline 2 (A2) adalah 32 yang hasilnya dibawah fase baseline 1 (A1) 41. Selanjutnya perilaku mengupil di rumah pada baseline (A2) 26 lebih kecil dari hasil baseline (A1) 31. Adapun frekuensi perilaku menjilat jari setelah mengupil pada fase baseline 2 (A2) adalah 18 yang hasilnya dibawah fase baseline 1 (A1) 25. Hasil penelitian yang dilakukan di sekolah dan di rumah menunjukan bahwa metode DRA dapat mengurangi perilaku maladaptif pada subjek.