@phdthesis{eprintuntirta52797, school = {Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, title = {IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS RELIGI DAN ALAM DALAM MEMFASILITASI PEMBELAJARAN HOLISTIK DI KELAS III SDTAHFIZH QUR?AN MARDHATILLAH}, year = {2025}, author = {Dwi Dipta Dalilah}, month = {July}, note = {Ekoreligi merupakan sautu konsep yang mengkolaborasikan antara pendidikan berbasis religi dan alam pada kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana landasan pelaksanaan, proses pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambatan, serta hasil dari implementasi pendidikan berbasis religi dan alam dalam memfasilitasi pembelajaran holistik di kelas III SD Tahfizh Qur?an Mardhatillah. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti mengambil narasumber penelitian yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru pembimbing dan peserta didik kelas III. Data diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan pelaksanakan pendidikan berbasis religi dan alam terdiri dari aspek landasan kurikulum, tenaga pendidik dan peserta didik, serta pengawasan dan hubungan kemitraan dengan masyarakat lokal. Aspek proses pelaksanaan kegiatan pendidikan berbasis religi dan alam dalam memfasilitasi pembelajaran holistik di kelas III tertuang pada kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler serta kokurikuler. Aspek faktor pendukukung pendidikan ini terletak pada pengawasan dan bimbingan guru, kegiatan yang mendukung serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, sedangkan faktor penghambatnya terletak pada pengadaan sarana dan prasarana yang belum memadai dan karakter peserta didik yang bermacam-macam. Serta hasil dari Pendidikan berbasis religi dan alam terdiri dari dua karakter yang terbentuk yakni karakter religius dan cinta lingkungan. Pembelajaran holistik pada kegiatan ini dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan guru saat pembelajaran di kelas, di luar kelas maupun pada kegiatan pengayaan dengan memperhatikan prinsip pengembangan keterampilan spiritual, emosional, intelektual, sosial dan fisik/jasmani.}, abstract = {Ecoreligion is a concept that combines religious and nature-based education in learning activities. Therefore, this study aims to determine the basis for implementation, the implementation process, supporting and inhibiting factors, and the results of the implementation of religious and nature-based education in facilitating holistic learning in grade III of SD Tahfizh Qur'an Mardhatillah. The research method used qualitative research with a descriptive type. The researcher took research sources consisting of the principal, class teachers, guidance teachers and grade III students. Data were obtained through interviews, observation and documentation. The results of the study indicate that the basis for implementing religious and nature-based education consists of aspects of the curriculum foundation, educators and students, as well as supervision and relationships with partnerships with the local community. Aspects of the process of implementing religious and nature-based education activities in facilitating holistic learning in grade III are contained in intracurricular, extracurricular and co-curricular activities. Aspects of supporting factors for this education lie in teacher supervision and guidance, supporting activities and establishing good relationships with the surrounding community, while inhibiting factors lie in the provision of inadequate facilities and infrastructure and the diverse characters of students. Furthermore, the outcomes of religion- and nature-based education include two character developments: religiousness and environmentalism. Holistic learning in this program can be seen in the activities teachers undertake in class, outside of class, and in enrichment activities, which focus on the principles of developing spiritual, emotional, intellectual, social, and physical skills.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/52797/} }