eprintid: 52580 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 22941 dir: disk0/00/05/25/80 datestamp: 2025-07-29 03:44:18 lastmod: 2025-07-29 03:45:46 status_changed: 2025-07-29 03:45:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HALISA, SITI NUR creators_id: 2227210110 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: YANDARI, INDHIRA ASIH VIVI contributors_name: HAKIM, ZERRI RAHMAN contributors_id: 196906292003122001 contributors_id: 198003312010121002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: PGSD full_text_status: restricted note: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi serta kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran berdiferensiasi di SD Peradaban Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Pembelajaran berdiferensiasi di SD Peradaan Cilegon menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Peradaban Cilegon telah berjalan efektif, ditandai dengan perencanaan yang menyeluruh, pelaksanaan yang inklusif, serta penggunaan strategi yang disesuaikan dengan profil belajar peserta didik. Pendekatan ini terbukti mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, mencakup kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Meskipun perkembangan belum merata, secara umum pembelajaran berdiferensiasi mendukung terciptanya pengalaman belajar yang bermakna dan setara bagi semua peserta didik. abstract: This study aims to describe the implementation of differentiated learning which includes planning and implementing differentiated learning as well as creative thinking skills in differentiated learning at SD Peradaban Cilegon. This research uses descriptive qualitative method with observation and interview techniques. Differentiated learning at SD Peradaan Cilegon shows that the implementation of differentiated learning at SD Peradaban Cilegon has been effective, characterized by thorough planning, inclusive implementation, and the use of strategies tailored to the learning profile of students. This approach is proven to be able to develop students' creative thinking skills, including fluency, flexibility, originality and elaboration. Despite uneven development, in general, differentiated learning supports the creation of meaningful and equal learning experiences for all learners. date: 2025-07-23 date_type: published pages: 322 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: HALISA, SITI NUR (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/1/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/2/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/3/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/4/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/5/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/6/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/7/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/18/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/8/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52580/9/SITI%20NUR%20HALISA_2227210110_LAMP.pdf