%L eprintuntirta52414 %A TAMIMI TAMIMI %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Program Kesetaraan, Keaksaraan, Kursus, dan Pelatihan (K3P) pada pendidikan kesetaraan di Kabupaten Serang. Fokus penelitian diarahkan pada efektivitas pelaksanaan program K3P dalam menjangkau kelompok masyarakat yang belum menyelesaikan pendidikan formal akibat keterbatasan ekonomi, sosial, dan geografis. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya kualitas sarana dan prasarana, belum meratanya akreditasi PKBM, serta rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan kesetaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi pada sejumlah PKBM. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori implementasi kebijakan dari Merilee S. Grindle yang menekankan pada content of policy dan context of implementation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan struktural dan kultural, program K3P memberikan dampak positif dalam peningkatan angka partisipasi pendidikan dan pengurangan angka putus sekolah. Untuk menjamin keberlanjutan, diperlukan sinergi antar pemangku kepentingan, penguatan kapasitas kelembagaan PKBM, serta kebijakan afirmatif terhadap pendidikan nonformal dan inklusif. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Kesetaraan, PKBM, K3P, Kabupaten Serang %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %T IMPLEMENTASI PROGRAM KESETARAAN, KEAKSARAAN, KURSUS DAN PELATIHAN (K3P) PADA PENDIDIKAN KESETARAAN DI KABUPATEN SERANG %D 2025