eprintid: 52354 rev_number: 26 eprint_status: archive userid: 23121 dir: disk0/00/05/23/54 datestamp: 2025-07-23 03:21:34 lastmod: 2025-07-23 03:21:34 status_changed: 2025-07-23 03:21:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: cahyar909@gmail.com creators_name: Ningrum, Rafika Cahya creators_id: 7784230006 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hendrayana, Aan contributors_name: Fatah, Abdul contributors_id: 197503232003121001 contributors_id: 198110112006041002 title: Hubungan Tingkat Resiliensi Dengan Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V ispublished: pub subjects: LB1501 divisions: MPD full_text_status: restricted note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat resiliensi dengan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Pemukiman. Penelitian menggunakan metode campuran (mix method). Tahap pertama merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan angket resiliensi matematis dan tes soal cerita matematika, sedangkan tahap kedua berupa penelitian kualitatif melalui wawancara untuk mendalami bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara tingkat resiliensi dengan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Peserta didik dengan resiliensi tinggi cenderung melakukan lebih sedikit kesalahan, sedangkan peserta didik dengan resiliensi rendah banyak melakukan kesalahan terutama pada tahap memahami soal, transformasi, dan proses keterampilan menurut prosedur Newman. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi guru dalam merancang pembelajaran matematika yang tidak hanya menitikberatkan pada kemampuan akademik, tetapi juga memperhatikan penguatan resiliensi peserta didik. abstract: This study aims to determine the relationship between the level of resilience and student errors in solving mathematical story problems on fraction material in grade V of Pemukiman Elementary School. The study used a mixed method. The first stage was a quantitative study involving a mathematical resilience questionnaire and a mathematical story problem test, while the second stage was a qualitative study through interviews to explore the forms of errors made by students. The results of the study showed a significant relationship between the level of resilience and student errors in solving mathematical story problems. Students with high resilience tend to make fewer mistakes, while students with low resilience make many mistakes, especially at the stages of understanding questions, transformation, and skill processes according to the Newman procedure. This study provides an important contribution for teachers in designing mathematics learning that not only emphasizes academic abilities, but also pays attention to strengthening student resilience. date: 2025-07-22 date_type: published institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Magister Pendidikan Dasar thesis_type: masters thesis_name: mphil citation: Ningrum, Rafika Cahya (2025) Hubungan Tingkat Resiliensi Dengan Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/1/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/2/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/3/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/4/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/5/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/6/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/7/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/8/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52354/9/RAFIKA%20CAHYA%20NINGRUM_7784230006_REF.pdf