eprintid: 52337 rev_number: 40 eprint_status: archive userid: 9883 dir: disk0/00/05/23/37 datestamp: 2025-07-29 03:53:01 lastmod: 2025-07-29 03:53:01 status_changed: 2025-07-29 03:53:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 2225210008@untirta.ac.id creators_name: Rizqi, Nadia creators_id: 2225210008 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Santosa, Cecep Anwar Hadi Firdos contributors_name: Jaenudin, Jaenudin contributors_id: 198101052008121001 contributors_id: 197901072009121003 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN corp_creators: PENDIDIKAN MATEMATIKA title: MEMVALIDASI PERAN MODEL EXAMPLE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BEBAN KOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KOMPLEKS ispublished: pub subjects: LB subjects: QA divisions: Matematika full_text_status: restricted note: Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi peran EPBL terhadap beban kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kompleks. Serta pengaruh yang ditimbulkan dalam penerapan EPBL terhadap siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode mixed method. Dengan desain penelitian adalah concurrent tringulaition design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah satu kelas 8 di SMP Negeri 14 Kota Serang dengan jumlah 36 siswa. Pengolahan data kuantitatif menggunakan perhitungan statistik uji-t berpasangan, untuk data kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dan wawancara. Adapun untuk pengolahan data hasil wawancara yaitu dengan menggunakan metode analisis tema. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan siswa, dengan selisih rata-rata sebesar 28.89. (2) penerapan EPBL mampu menurunkan beban kognitif yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kompleks berdasarkan hasil perandingan ratarata pada angket beban kognitif, selisih penurunan ini sebesar 33.25. Kedua hasil tersebut terkonfirmasi oleh hasil pengolahan data kualitatif adalah (3) EPBL mampu menurunkan beban kognitif serta mengoptimalkan perannya untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan menciptakan kenyamanan belajar dalam kelas. abstract: Validating the Role of Problem-Based Learning Models on Cognitive Load in Solving Complex Mathematical Problems. This study aims to validate the role of Problem-Based Learning (EPBL) on students' cognitive load in solving complex mathematical problems and the impact of implementing EPBL on student learning. This study used a mixed methods approach. The research design was concurrent triangulation. The subjects used in this study were one class of 8 at SMP Negeri 14 Serang City with a total of 36 students. Quantitative data processing used paired t-test statistical calculations, while qualitative data processing used a case study and interview approach. Interview data processing used thematic analysis. The results showed that (1) there was an increase in student abilities, with an average difference of 28.89. (2) the implementation of EPBL was able to reduce students' cognitive load in solving complex mathematical problems based on the results of the cognitive load questionnaire average comparison, with a difference of 33.25. These two results were confirmed by the qualitative data processing results: (3) EPBL is able to reduce cognitive load and optimize understanding for students and create a comfortable learning environment in the classroom. date: 2025-06-13 date_type: published pages: 277 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN MATEMATIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Rizqi, Nadia (2025) MEMVALIDASI PERAN MODEL EXAMPLE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BEBAN KOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KOMPLEKS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/19/Nadia%20Rizqi_2225210008_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/20/Nadia%20Rizqi_2225210008_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/3/Nadia%20Rizqi_2225210008_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/4/Nadia%20Rizqi_2225210008_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/5/Nadia%20Rizqi_2225210008_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/6/Nadia%20Rizqi_2225210008_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/7/Nadia%20Rizqi_2225210008_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/8/Nadia%20Rizqi_2225210008_lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52337/9/Nadia%20Rizqi_2225210008_CP.pdf