%T Analysis of Students’ Difficulties in Reading English Text for EFL Learners in Junior High School %L eprintuntirta52241 %D 2025 %O Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh siswa EFL dalam membaca teks bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah pertama, terutama dengan fokus pada faktor internal dan eksternal yang berkontribusi terhadap tantangan ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan analisis konten, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi kelas yang melibatkan 20 siswa kelas delapan dan seorang guru bahasa Inggris di SMPN 3 Bantarujeg. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan utama dalam membaca teks bahasa Inggris, termasuk penguasaan kosakata yang terbatas, pemahaman yang buruk tentang struktur kalimat, ketidakmampuan untuk mengidentifikasi gagasan utama, keterampilan inferensial yang rendah, dan kurangnya kesadaran dan penggunaan strategi membaca. Faktor eksternal seperti metode pembelajaran yang berpusat pada guru dan dukungan terbatas dari lingkungan belajar juga berkontribusi terhadap kesulitan-kesulitan ini. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa jarang menggunakan strategi metakognitif seperti perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pemahaman bacaan mereka. Temuan ini konsisten dengan, namun melampaui, penelitian sebelumnya dengan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang realitas kelas. Disimpulkan bahwa faktor kognitif dan lingkungan secara signifikan memengaruhi pemahaman membaca siswa, dan bahwa instruksi eksplisit dalam strategi membaca, dikombinasikan dengan materi yang menarik dan praktik pengajaran yang mendukung, diperlukan untuk mengatasi tantangan ini dan meningkatkan keterampilan membaca siswa. %A WIDY SILVA JULIANTI %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %X This research aims to analyze the difficulties faced by EFL students in reading English texts at the junior high school level, particularly focusing on the internal and external factors that contribute to these challenges. The study employed a qualitative descriptive method using content analysis, with data collected through semi-structured interviews and classroom observations involving 20 eighth-grade students and an English teacher at SMPN 3 Bantarujeg. The findings revealed that students encounter several major difficulties in reading English texts, including limited vocabulary mastery, poor understanding of sentence structure, inability to identify main ideas, low inferential skills, and lack of awareness and use of reading strategies. External factors such as teacher-centered learning methods and limited support from the learning environment also contribute to these difficulties. The study also found that students rarely employ metacognitive strategies such as planning, monitoring, and evaluating their reading comprehension. These findings are consistent with, yet extend beyond, previous studies by providing deeper insights into the classroom realities. It is concluded that both cognitive and environmental factors significantly affect students’ reading comprehension, and that explicit instruction in reading strategies, combined with engaging materials and supportive teaching practices, are necessary to overcome these challenges and improve students' reading skills.