@phdthesis{eprintuntirta52239, month = {July}, note = {Ruas Jalan Tol Tangerang?Merak KM 71+000 hingga KM 77+000 arah Jakarta berperan penting dalam distribusi industri dari kawasan Anyer, Cilegon, dan sekitarnya. Namun, tingginya lalu lintas kendaraan ODOL (Over Dimension Over Load) menyebabkan beban berlebih pada perkerasan jalan, melebihi kapasitas desainnya. Hal ini mempercepat kerusakan, menurunkan umur rencana jalan, meningkatkan biaya pemeliharaan, dan membahayakan keselamatan pengguna. Oleh karena itu, diperlukan analisis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban berlebih terhadap umur rencana perkerasan pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume lalu lintas dan menganalisa dampak beban kendaraan berlebih terhadap umur rencana perkerasan jalan pada jalan tol Tangerang-Merak KM 71+000 ? KM 77+000 arah Jakarta. Metode analisa yang digunakan adalah AASTHO 1993 untuk menganalisis sisa umur rencana dan MDPJ 2024 untuk menghitung nilai VDF kendaraan. Hasil penelitian pada data LHRT tahun 2024 menunjukkan kendaraan melintas berjumlah 8.090.694, terdiri dari 97,71\% kendaraan normal dan 2,29\% kendaraan overload. Nilai VDF kendaraan normal untuk golongan 1 hingga 5 adalah 1,86, 1,83, 1,68, 2,58, dan 1,45, sedangkan kendaraan overload nilainya adalah 1,86, 1,95, 16,10, 3,03, dan 1,96. Karena sering digunakan untuk distribusi, kendaraan golongan 3 cenderung overload sehingga menghasilkan VDF rata-rata tinggi. Umur rencana jalan dengan kendaraan normal adalah 5 tahun (truck factor 1,46), sedangkan kendaraan overload menurunkannya menjadi 2,275 tahun (truck factor 3,55), Truck factor lebih dari satu terjadi akibat overload dan distribusi beban tidak merata, yang mempercepat kerusakan dan menurunkan umur rencana jalan. Simulasi peningkatan volume kendaraan overload sebesar 5\%, 10\%, dan 15\% menurunkan umur rencana jalan menjadi 2,176 tahun, 2,087 tahun, dan 2,005 tahun secara berturut-turut. Dengan demikian, kendaraan beban berlebih pada ruas Jalan Tol Tangerang-Merak KM 71+000 ? KM 77+000 menjadi salah satu faktor penyebab penurunan umur rencana jalan.}, school = {Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, title = {ANALISIS BEBAN BERLEBIH (OVERLOAD) TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN PADA JALAN TOL (Studi Kasus: Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak KM 71+000 - KM 77+000 Arah Jakarta)}, author = {M. RASLIN HUDAYA}, year = {2025}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/52239/}, abstract = {The Tangerang?Merak Toll Road section from KM 71+000 to KM 77+000, in the direction of Jakarta, plays an important role in industrial distribution from the Anyer, Cilegon, and surrounding areas. However, the high volume of ODOL (Over Dimension Over Load) vehicles imposes excessive loads on the pavement, exceeding its design capacity. This accelerates deterioration, shortens the pavement?s design life, increases maintenance costs, and poses safety risks to road users. Therefore, an analysis is needed to determine the extent of the impact of these excessive loads on the pavement's design life in this section. This study aims to determine traffic volume and analyze the impact of overloaded vehicles on the pavement design life of the Tangerang?Merak Toll Road, specifically between KM 71+000 and KM 77+000 toward Jakarta. The analysis methods used include AASHTO 1993 to evaluate the remaining design life and MDPJ 2024 to calculate the Vehicle Damage Factor (VDF). The results, based on 2024 LHRT data, show a total of 8,090,694 vehicles, consisting of 97.71\% normal and 2.29\% overloaded vehicles. The VDF values for normal vehicles in classes 1 to 5 are 1.86, 1.83, 1.68, 2.58, and 1.45, respectively. For overloaded vehicles, the values are 1.86, 1.95, 16.10, 3.03, and 1.96. Due to their frequent use in goods distribution, Class 3 vehicles are often overloaded, resulting in a significantly high average VDF. The pavement design life under normal traffic is 5 years (truck factor 1.46), while overloaded vehicles reduce it to 2.275 years (truck factor 3.55). A truck factor greater than one results from overloading and uneven load distribution, which accelerate pavement damage and shorten its service life. Simulations of increased overloaded vehicle volumes by 5\%, 10\%, and 15\% further reduce the pavement?s design life to 2.176 years, 2.087 years, and 2.005 years, respectively. Therefore, overloaded vehicles on this section are a major contributing factor to the reduction of the pavement's design life.} }