eprintid: 52212 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 23073 dir: disk0/00/05/22/12 datestamp: 2025-07-28 08:18:14 lastmod: 2025-07-28 08:18:14 status_changed: 2025-07-28 08:18:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANDARI, ANGGI RIZKA creators_id: 2224180037 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: UTARI, ENGGAR contributors_name: MARIANINGSIH, PIPIT contributors_id: 197103152002122001 contributors_id: 198408162008122004 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI title: PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK SISWA SMA N 2 KRAKATAU STEEL CILEGON PADA MATA PEAJARAN BIOLOGI ispublished: pub subjects: BF divisions: FKIP divisions: Biologi full_text_status: restricted note: Efikasi diri berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam bidang akademik, dan efikasi diri memberikan pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Ex Post Facto merupakan penelitian yang meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau diberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon kelas X dan XI tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar intrinsik siswa SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon serta hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa efikasi diri memberikan kontribusi sebesar 39,3% terhadap kenaikan maupun penurunan dari motivasi belajar intrinsik siswa SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon. abstract: Self-efficacy influences students' success in the academic field, self-efficacy has an influence in increasing learning motivation.This research aims to determine the influence of self-efficacy on students' intrinsic learning motivation in biology subjects. The method used is ex post facto.Ex Post Facto is research that examines cause-and-effect relationships that are not manipulated or treated with the variables studied. This research was carried out at SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon classes X and XI in the 2022/2023 academic year. The sampling technique used in this research was simple random sampling. The results of the research showed that there is an influence of self-efficacy on students' intrinsic learning motivation with a sig value of 0.000 less than 0.05 and the results of the coefficient of determination test show that self-efficacy contributes 39.3% to the increase or decrease in the intrinsic learning motivation of students at SMA N 2 Krakatau Steel Cilegon. date: 2025-07-20 date_type: published pages: 121 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN BIOLOGI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: ANDARI, ANGGI RIZKA (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK SISWA SMA N 2 KRAKATAU STEEL CILEGON PADA MATA PEAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/1/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI%20_2224180037_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/19/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI_2224180037_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/3/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI%20_2224180037_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/4/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI_2224180037_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/5/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI_2224180037_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/6/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI_2224180037_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/7/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI_2224180037_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/8/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI_2224180037_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52212/9/ANGGI%20RIZKA%20ANDARI_2224180037_LAMP.pdf