TY - THES M1 - sarjana EP - 348 A1 - PERMANA, MUHAMAD JENI Y1 - 2025/07/20/ AV - restricted ID - eprintuntirta52203 PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA TI - PENGARUH PENGELOLAAN BEBAN KOGNITIF TERHADAP PENINGKATAN KECAKAPAN MATEMATIS SISWA DI SMPN 9 KOTA SERANG N1 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang disesuaikan dengan prinsip Cognitive Load Theory terhadap peningkatan pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Kota Serang pada tahun ajaran 2024/2025 dengan melibatkan dua kelompok sampel, yakni kelas VII G sebagai kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran PBL berbasis pengelolaan beban kognitif, serta kelas VII I sebagai kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran PBL tanpa pengelolaan beban kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran dengan desain Quasi Experimental, di mana metode kuantitatif berperan sebagai pendekatan utama dan metode kualitatif sebagai pelengkap. Fokus kajian terbatas pada dua indikator kompetensi matematis, yaitu pemahaman konseptual dan kompetensi strategis, yang mencakup kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan capaian yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dalam kedua aspek tersebut. Selain itu, pendekatan pembelajaran PBL yang mempertimbangkan beban kognitif terbukti efektif dalam meratakan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal yang bervariasi, baik rendah, sedang, maupun tinggi. UR - https://eprints.untirta.ac.id/52203/ N2 - This study aims to analyze the effect of applying the Problem Based Learning (PBL) model which is adjusted to the principles of Cognitive Load Theory on improving students' conceptual understanding and mathematical problem solving skills. This study was conducted at SMP Negeri 9 Serang City in the 2024/2025 academic year by involving two sample groups, namely class VII G as an experimental group that received PBL learning based on cognitive load management, and class VII I as a control group that received PBL learning without cognitive load management.. This research uses a mixed-method approach with a Quasi Experimental design, where quantitative methods act as the main approach and qualitative methods as a complement. The focus of the study was limited to two indicators of mathematical competence, namely conceptual understanding and strategic competence, which includes the ability to solve problems. The analysis showed that students in the experimental group showed significantly higher achievement than the control group in both aspects. In addition, the PBL learning approach that considers cognitive load proved effective in leveling the learning outcomes of students with varying initial abilities, whether low, medium or high. ER -