eprintid: 52199 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 12938 dir: disk0/00/05/21/99 datestamp: 2025-07-22 02:33:53 lastmod: 2025-07-22 02:33:53 status_changed: 2025-07-22 02:33:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 3333210105@untirta.ac.id creators_name: ALFIQRI, AZKA DZAFIF creators_id: 3333210105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ANGGRAENI, SHANTI KIRANA contributors_name: SONDA, ATIA contributors_id: 197401292003122001 contributors_id: 199209232020122008 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS TEKNIK corp_creators: TEKNIK INDUSTRI title: USULAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP), SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) PADA UMKM RINARA BATIK ispublished: pub subjects: T1 divisions: FT divisions: Industri full_text_status: restricted keywords: AHP, QSPM, Strategi Pemasaran, SWOT. note: UMKM Rinara Batik merupakan usaha mikro yang bergerak di bidang industri kreatif batik khas Cilegon, namun menghadapi tantangan dalam pemasaran akibat keterbatasan inovasi dan persaingan pasar yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan daya saing usaha melalui pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP), SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode AHP digunakan untuk menentukan bobot prioritas dari tujuh komponen marketing mix (7P), yang kemudian dijadikan dasar penyusunan matriks IFE dan EFE. Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi UMKM Rinara Batik berada pada kuadran rendah (Harvest and DivestI) dengan strategi yang disarankan adalah strategi panen atau jual. Alternatif strategi dirumuskan melalui analisis SWOT dan dievaluasi menggunakan QSPM untuk mengetahui daya tarik masing-masing strategi. Strategi prioritas yang dipilih berdasarkan skor Total Attractiveness Score (TAS) adalah Program pelatihan bagi pengrajin untuk peningkatan keterampilan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bentuk rekomendasi strategi pemasaran berbasis analisis terukur yang dapat dijadikan acuan pengembangan usaha bagi pelaku UMKM batik. abstract: UMKM Rinara Batik is a micro-enterprise engaged in the creative industry of Cilegon batik, but faces challenges in marketing due to limited innovation and increasingly tight market competition. This study aims to formulate an appropriate marketing strategy to increase business competitiveness through the Analytical Hierarchy Process (AHP), SWOT, and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) approaches. The AHP method is used to determine the priority weight of the seven marketing mix components (7P), which are then used as the basis for compiling the IFE and EFE matrices. The results of the analysis show that the position of Rinara Batik MSMEs is in the low quadrant (Harvest and DivestI) with the recommended strategy being the harvest or Divest. Alternative strategies are formulated through SWOT analysis and evaluated using QSPM to determine the attractiveness of each strategy. The priority strategy chosen based on the Total Attractiveness Score (TAS) is a training program for craftsmen to improve skills. This study provides a contribution in the form of recommendations for marketing strategies based on measurable analysis that can be used as a reference for business development for batik MSME actors. date: 2025-07-21 date_type: published pages: 150 institution: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: TEKNIK INDUSTRI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Azhar, Z. 2019. Analisis Pemilihan Mata Kuliah Praktek Menggunakan Metode AHP. Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci, 1, 1131. Chaidir, N. R. D. R. I. 2021. Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Merumuskan Strategi Bisnis. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 20(1), 159-170. Christine, C., & Budiawan, W. 2017. Analisis pengaruh marketing mix (7P) terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1). Faizah, N. H., & Suib, M. S. 2019. UKM Dalam Persaingan Di Era GLobalisasi Ekonomi. Upajiwa Dewantara, 3(2), 127-135. Fatihudin, D., & Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Sleman. Deepublish. Firmansyah, H. A. 2024. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT Dan Analytical Hierarchy Process (AHP) Di Umkm Kain Tenun Troso Abdul Latif (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Hanafi, I. 2018. Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Suku Cadang Otomotif dan Elektonik Berbahan Karet di PT BesQ Sarana Abadi. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. Haque, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. 2022. Strategi pemasaran: Konsep, teori dan implementasi. Hendrawan, R. B. 2023. Analisis Perancangan Strategi Pemasaran Produk Batik Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM (Studi Kasus CV. Batik Gemawang) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG). Husni, M. A., & Wardhana, A. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Indonesia. eProceedings of Management, 8(2). Hutama, H. J., & Suliantoro, H. 2015. Analisis Dan Perumusan Strategi Pemasaran Pada UKM Batik Jawa Anggun Pekalongan Menggunakan Analisis SWOT Dan AHP. Industrial Engineering Online Journal, 4(2). Interior. ISSN 2527-2853. Vol. 5, No. 1.. Munthafa, A. E., & Mubarok, H. 2017. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 3(2). Noor, S. 2014. Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. –Daihatsu Malang). INTEKNA Jurnal Informasi Teknik dan Niaga, 14(2). Nurairin, D. A., & Orgianus, Y. 2022. Perbaikan Strategi Pengembangan Perusahaan dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jurnal Riset Teknik Industri, 161-170. Putra, P. 2023. Manajemen pemasaran. Jawa Tengah. Eureka Media Aksara. Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Dan Matriks IE (Studi Kasus Pada Bisnis Banjjagim. Id). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 224-234. Rahmandhani, A. 2024. Strategi Pemasaran Produk PT BPR Sinar Mas Pelita Kc Sindanglaut (Doctoral dissertation, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati). Rambe, D. N. S., & Aslami, N. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213-223. Riana, D., & Royda, R. 2020. Strategi Intensif Untuk Pengembangan Bisnis Batik Palembang Pada Industri Fesyen Batik di Indonesia. Inovator, 9(2), 90-105. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. , ISSN (cet): 2355-1755. Vol. 5. No.1. Rucitra, A. A. 2020. Merumuskan konsep desain interior. Jurnal Desain Interior, 5(1), 31-44. Sahla, H., Sayuti, M., & Syahputra, R. 2019. Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir, 5(2), 57-61. Satoto, H. F., & Norhabiba, F. 2021. Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matriks. Jurnal Tiarsie, 18(4), 109-114. Setyorini, H., Effendi, M. U., & Santoso, I. 2017. Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53. Sidik, F. M. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Klinik Natasha Skin Center Enggal Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Utsalina, D. S., & Dewa, W. A. 2015. Strategi pemasaran menggunakan metode kombinasi SWOT dan AHP (Studi kasus: STMIK Pradnya Paramita). SMATIKA JURNAL: STIKI Informatika Jurnal, 5(02), 18-26. Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, S. 2015. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University). Yulia, D., Ananda, D., Anggriana, A. R., Fahesa, V., & Selasi, D. 2024. Strategi Pemasaran Digital Sentra Batik Tulis di Desa Trusmi Plered Kota Cirebon. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan, 15(1). citation: ALFIQRI, AZKA DZAFIF (2025) USULAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP), SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) PADA UMKM RINARA BATIK. S1 thesis, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/1/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_FullText.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/3/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/4/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/5/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/6/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/7/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/8/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/9/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/10/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52199/11/AZKA%20DZAFIF%20ALFIQRI_3333210105_CP.pdf