%0 Thesis %9 S1 %A Mutiyaturrohmah, Mutiyaturrohmah %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2025 %F eprintuntirta:52164 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %P 261 %T IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUS (BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA) DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR ALAM BAHRIATUL ULUM PANDEGLANG %U https://eprints.untirta.ac.id/52164/ %X ABSTRACT This study aims to describe the implementation and analyze the supporting and inhibiting factors that influence religious values, namely faith, devotion to God Almighty and noble character in class 1 of Bahriatul Ulum Pandeglang Natural Elementary School. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used are interviews, observations and documentation sourced from principal, educators and students. The results of this study include Bahriatul Ulum Elementary School implementing religious values through learning activities and programs implemented at the school. The implementation of the religious values has an effect on the character of students in terms of religious morals, personal morals, morals towards humans, moral towards nature and national morals. Supporting factors that influence the implementation of religious values of Bahriatul Ulum Natural Elementary School are the availability of adequate facilities, a pesantren environment that is thick with religious values, and the availability of special guidance for educators related to religious values. The factors that inhibit the implementation of religious values are the difficulty of supervising students outside of school hours. In overcoming these inhibiting factors, Bahriatul Ulum Nature Elementary School routinely holds meetings with parents to discuss student development. Keywords: Implementation, religious values, supporting factors, inhibiting factors. %Z ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian serta menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi implementasi nilai-nilai religius yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia di kelas 1 Sekolah Dasar Alam Bahriatul Ulum Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian ini diantaranya Sekolah Dasar Alam Bahriatul Ulum mengimplementasikan nilai religius dengan membuat kebijakan yang mendukung implementasi nilai religius dan mengimplementasikan nilai religius melalui kegiatan pembelajaran dan program yang dilaksanakan di sekolah. Pelaksanaan implementasi nilai religius tersebut berpengaruh terhadap karakter peserta didik dalam segi akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam dan akhlak bernegara. Faktor pendukung yang memengaruhi implementasi nilai religius di Sekolah Dasar Alam Bahriatul Ulum yakni adanya fasilitas yang memadai, lingkungan pesantren yang kental dengan nilai keagamaan, serta adanya bimbingan khusus bagi para pendidik terkait nilai religius. Faktor yang menghambat pelaksanaan implementasi nilai religius adalah sulitnya mengawasi peserta didik di luar jam pelajaran sekolah. Dalam mengatasi faktor penghambat ini, Sekolah Dasar Alam Bahriatul Ulum secara rutin mengadakan pertemuan dengan orangtua untuk membahas perkembangan peserta didik. Kata Kunci : Implementasi, nilai religius, faktor pendukung, faktor penghambat.