@unpublished{eprintuntirta52093, title = {ANALISA PERENCANAAN ULANG PERKERASAN KAKU DENGAN METODE BINA MARGA 2017 DAN PROGRAM BANTU SAP-2000}, school = {Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, author = {FADHLAN AZKA}, year = {2020}, keywords = {Perkerasan Kaku, Metode Bina Marga, SAP-2000}, abstract = {Perkembangan suatu daerah tak lepas dari berkembangnya pembangunan infrastruktur fisik dan sosial. Jalan Raya Cilegon Serang merupakan jalan dengan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) yang menghubungkan antara Kabupaten Serang dan Kota Cilego.n yang juga digunakan sebagai jalan alternatif yang dilalui selain jalan tol. Jalan tersebut dilalui oleh berbagai macam kendaraan yang didominasi kendaraan berat dengan muatan besar. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan kembali Jalan Raya Cilegon ? Serang dengan menggunakan metode Bina Marga dan membandingkan tebal dan parameter perkerasan sesuai dengan tingkat dan kelas jalan Hasil yang didapatkan bahwa ruas Jalan Raya Cilegon ? Serang dan Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon dibagi dalam empat segmen dengan nilai ketebalan masing ? masing 19 cm, 19 cm, 20 cm, dan 20 cm dengan pondasi menggunakan bahan pengikat 10 cm. Pada analisa yang dilakukan di program bantu SAP-2000, masing ? masing tebal dibandingkan dengan asumsi penulis yaitu sebesar 16,5 cm, 17,7 cm, 17 cm, dan 19,7 cm. Dengan selisih ketebalan masing ? masing per segmen sebesar 7,04\%, 3,54\%, 8,11\%, dan 0,76\%. Pada penelitian ini, hampir semua tebal yang dihasilkan bisa dipakai, dengan asumsi bahwa nilai lendutan yang dihasilkan masih belum melewati batas ijin, hasil analisa fatik dan erosi yang tidak melebihi 100\%.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/52093/} }