eprintid: 52074 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/05/20/74 datestamp: 2025-07-18 06:28:46 lastmod: 2025-07-18 06:28:46 status_changed: 2025-07-18 06:28:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURSEKHA, VIDYA creators_id: 3333160101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Gunawan, Akbar contributors_name: Wahyuni, Nuraida corp_creators: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: TINGKAT KUALITAS PELAYANAN APLIKASI DANA TERHADAP KEPUASAN PELANGGANMENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) ispublished: unpub subjects: HD subjects: HD28 divisions: Industri full_text_status: restricted keywords: Kepuasan Pelanggan, CSI, dan IPA. abstract: Aplikasi DANA Adalah dompet digital Indonesia yang aman, tepercaya & bisa digunakan kapan saja, dan di mana saja. Bisa melakukan transaksi non-tunai bahkan non-kartu untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari transaksi pembayaran offline, hingga Bayar tagihan & cicilan secara online. Gaya hidup seseorang sudah mulai tergeser dan pergeseran itu mulai tumbuh signifikan drastis segala serba online. Pihak management saat ini sedang meningkatkan kepuasan pelanggan agar Oleh karena itu, teknologi saat ini sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan masyarakat yang menginginkan pergerakan lebih instan dan fleksible. Saat ini DANA merupakan pembayaran e-wallet yang masih tergolong sangat baru dimasyarakat. Oleh karena itu aplikasi DANA ini masih tahap pengembangan masih improvement sehingga penelitian ini perlu memberikan daya tarik untuk kaum milenial. Penelitian ini diawali dengan survei pendahuluan untuk menguji validitas dan reabilitas kuesioner, lalu pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner ke pengguna Aplikasi DANA. Analisa dilakukan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Dimana metode ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan pada Aplikasi DANA. Pada penelitian ini menggunakan sample sebanyak 150 responden. Terdapat 22 atribut dalam penelitian ini dengan menggunakan 5 dimensi servqual (tangible, responsiviness, reliability, empaty, dan assurance. Dari hasil penelitian didapat nilai presentase CSI sebesar 77.1 % yang artinya merasa puas terhadap kualitas pelayanan pada Aplikasi DANA. Hasil penelitian ini menemukan dari 22 atribut terdapat 3 atribut yang perlu ditingkatkan, 6 atribut yang harus di perthankan dalam kualitas pelayanan, 9 atribut yang masih seimbang antara kinerja dengan kepentingan konsumen, dan 4 atribut yang kinerja lebih tinggi dari kepentingan konsumen. Atribut yang paling berpengaruh pada kualitas pelayanan Aplikasi DANA yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjannya dengan tingkat kesesuian sebesar 77,52% yaitu kesigapan dalam membantu pelayanan. Adapun cara melakukan perbaikannya adalah dengan menambahkan lebih banyak admin yang dapat cepat menangani keluhan yang dialami oleh pelanggan, sehingga keluhan pelanggan dapat teratasi. date: 2020 date_type: completed institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Industri thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NURSEKHA, VIDYA (2020) TINGKAT KUALITAS PELAYANAN APLIKASI DANA TERHADAP KEPUASAN PELANGGANMENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/52074/1/Full%20skripsi%20%282%29.pdf