eprintid: 51917 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/05/19/17 datestamp: 2025-07-17 07:24:20 lastmod: 2025-07-17 07:24:20 status_changed: 2025-07-17 07:24:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IQBAL, MUHAMMAD creators_id: 3336160056 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Maddeppungeng, Andi contributors_name: Asyiah, Siti contributors_id: 19591017188031003 contributors_id: 19860131201032009 corp_creators: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: ANALISA DAMPAK KECELAKAAN KERJA PADA PEMBANGUNAN PROYEK JALAN TOL MENGGUNAKAN METODE BOWTIE ispublished: unpub subjects: TA divisions: Sipil full_text_status: restricted keywords: Analisis Kecelakaan Kerja, Matriks Analisa, Probability Index, Severity Index, Metode Bowtie abstract: Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pengembangan infrastruktur merupakan hal dasar yang harus dipenuhi. Sayangnya tingginya angka pembangunan di Indonesia sejalan dengan meningkatnya angka kecelakaan kerja Kementrian Ketenagakerjaan mencatat bahwa kasus kecelakaan kerja pada Tahun 2017 sebesar 123.041 kasus dan kasus ini terus meningkat setiap tahunnya yaitu 157.313 pada Tahun 2018 dan yang lebih mengkhawatirkannya lagi adalah 32% dari total kecelakaan tersebut berasal dari sektor industri konstruksi dan manufaktur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kecelakaan apa saja yang mungkin terjadi di dalam proyek infrastruktur yaitu Jalan Tol Serpong-Balaraja dan melakukan sebuah analisa tentang penyebab, dampak, dan kontrol dari masing-masing penyebab dan dampak tersebut. Metode yang digunakan dalam analisa kecelakaan ini adalah Metode Bowtie, yang mana data analisa yang digunakan berasal dari hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada staff pada divisi yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah Di dalam Proyek Jalan Tol SerpongBalaraja Seksi I A terdapat beberapa potensi kecelakaan kerja yang mungkin terjadi selama pelaksanaan, potensi risiko tersebut terdiri atas 19 potensi risiko yang berkategori Low, 31 potensi risiko yang berada pada kategori Moderate, dan 1 risiko yang berkategori High yaitu balok girder jatuh dan menimpa pekerja (7b). Bagian akhir penelitian juga menunjukkan bahwa penyebab dari kecelakaan kerja terjadi akibat kesalahan operator/staff, terjadi akibat faktor alam/lingkungan, dan faktor mesin dan material. Adapun dampaknya adalah pekerja megnalami luka berat/kematian, alat berat mengalami kerusakan, kerugian akibat material yang rusak dan kerugian akibat waktu yang tertunda. date: 2020 date_type: completed institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Sipil thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: IQBAL, MUHAMMAD (2020) ANALISA DAMPAK KECELAKAAN KERJA PADA PEMBANGUNAN PROYEK JALAN TOL MENGGUNAKAN METODE BOWTIE. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51917/1/COVER-LAMPIRAN%20%28FULL%20TEXT%29.pdf