eprintid: 51885 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/05/18/85 datestamp: 2025-07-17 01:40:14 lastmod: 2025-07-17 01:40:14 status_changed: 2025-07-17 01:40:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIZKIANI, RISMA creators_id: 3333120575 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wahyuni, Nuraida contributors_name: Gunawan, Akbar corp_creators: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: PENGUKURAN E-SERVICE QUALITY DENGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (STUDI KASUS: BUKALAPAK) ispublished: unpub subjects: HD subjects: HD28 divisions: Industri full_text_status: restricted keywords: E-service quality, CSI, PGCV abstract: Bukalapak merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung 168 juta, berdasarkan play store Bukalapak memiliki rating 4,5 dengan jumlah pengunduh lebih dari 10 juta sedangkan kompetitornya Shopee memiliki rating 4,4 dengan jumlah pengunduh lebih dari 50 juta. Pengguna Bukalapak terdapat keluhan contohnya pengembalian uang yang lama dan lamanya penanganan keluhan. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini dengan tujuan untuk menentukan kepuasan pelanggan terhadap e-service quality dan menentukan atribut perbaikan yang dipakai dalam e-service quality di Bukalapak. Penelitian menggunakan tujuh dimensi e-service quality (efficiency, fulfillment, reliability, privacy, responsiveness, compensation, dan contact) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI) serta Potential Gain in Customer Value (PGCV). Pengumpulan data berasal dari penyebaran kuesioner yang selanjutnya dikelompokkan berdasarkan karakteristik responden. Penelitian ini menggunakan 31 atribut dan 116 responden pengguna Bukalapak. Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa Bukalapak memiliki nilai CSI 77,470% termasuk dalam kriteria puas. Atribut yang harus diperbaiki berdasarkan nilai PGCV dengan nilai PGCV tiga terbesar adalah adalah atribut RP26, RB 18, dan RB 13 date: 2019 date_type: completed institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Industri thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: RIZKIANI, RISMA (2019) PENGUKURAN E-SERVICE QUALITY DENGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (STUDI KASUS: BUKALAPAK). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51885/1/RISMA%20RIZKIANI%20%283333120575%29%20TEKNIK%20INDUSTRI.pdf