eprintid: 51797 rev_number: 35 eprint_status: archive userid: 22951 dir: disk0/00/05/17/97 datestamp: 2025-07-22 03:48:47 lastmod: 2025-07-22 03:48:48 status_changed: 2025-07-22 03:48:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aulia, Zahara creators_id: 2283210013 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Aribowo, Didik contributors_name: Desmira, Desmira contributors_id: 198202152008121003 contributors_id: 198205282024212014 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO title: Aplikasi Game untuk Menunjang Literasi Numerasi di SMPN 1 Kresek ispublished: pub subjects: T1 subjects: TF divisions: FKIP divisions: VTE full_text_status: restricted note: Media pembelajaran merupakan salah satu media yang efesien dalam menyamapikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik di jenjang sekolah menengah pertama, khususnya kelas VIII A di SMPN 1 Kresek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media pengguna aplikasi game berbasis software unity serta menguji tingkat efektivitas media pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), Penelitian ini menggunakan metode ADDIE Model ADDIE ini terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Impelemntation, (5) Evaluation. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis aplikasi game menggunakan software unity. Adapun penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran melibatkan 4 orang ahli media dan materi, serta untuk uji coba produk sebagai pengguna menggunakan peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Kresek dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data hasil observasi, wawancara, dan tes pengetahuan awal peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi game menggunakan software untuk menunjang literasi dan numerasi ini merujuk dengan kelayakan media aplikasi game. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh para ahli media dalam aspek kualitas tampilan, kualitas teknis, dan kebermanfaatan yaitu mendapatkan nilai rata – rata keselurahan sebesar 58 “Sangat layak” berdasarkan tabel penilaian rentang skor x ≥ 45, kemudian hasil pengujian media aplikasi game berbasis software unity yang telah di nilai oleh 3 ahli materi mendapatkan nilai rata – rata sebesar 37,33 “sangat layak” berdasarkan tabel penilaian rentang skor x ≥ 30. Sehingga hasil penilaian dari 3 validator media dan 3 validator materi menujukan bahwa media aplikasi game berbasis software unity layak digunakan. Sedangkan hasil dari tingkat efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi game menggunakan software unity diukur melalui hasil pretest dan posttest. Pengukuran efektifitas ini dilakukan dengan membandingkan nilai rata – rata pretest yang diperoleh sebelum peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi game pembelajaran menjadi meningkat sebesar “8,1”. nilai rata – rata pretest dan posttest digunakan menggunakan rumus – gain. Hasil dari perhitungan menunjukan nilai efektifitas sebesar 0,64 berdasarkan tabel perhitungan 0,5 maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi game berbasis software unity yang telah dikembangkan berada dalam katagori 1 yaitu “efektifitas tinggi” abstract: Learning media is an efficient way to present material in the learning process. This study was motivated by the low numeracy literacy skills of junior high school students, particularly those in Class VIII A at SMPN 1 Kresek. This study aims to assess the feasibility of using a game application based on Unity software and evaluate its effectiveness as a learning tool. This research is a type of research and development (R&D) that uses the ADDIE method, which consists of five stages: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. The final product of this study is a game-based learning application using Unity software. The assessment of the learning media's feasibility level involved four media and material experts, as well as students from class VIII A at SMPN 1 Kresek, totaling 34 students, who served as product trial users. The data collection methods used in this study include observations, interviews, and tests of students' initial knowledge. The results of this study indicate that the feasibility of game application-based learning media using software to support literacy and numeracy refers to the feasibility of the media itself. Based on evaluations conducted by media experts in this study, it can be concluded that game application-based learning media are feasible. date: 2025-07-16 date_type: published pages: 191 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Aulia, Zahara (2025) Aplikasi Game untuk Menunjang Literasi Numerasi di SMPN 1 Kresek. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/1/ZAHARA%20AULIA_2283210013_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/3/ZAHARA%20AULIA_2283210013_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/4/ZAHARA%20AULIA_2283210013_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/5/ZAHARA%20AULIA_2283210013_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/6/ZAHARA%20AULIA_2283210013_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/7/ZAHARA%20AULIA_2283210013_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/8/ZAHARA%20AULIA_2283210013_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/22/2283210013_ZAHARA%20AULIA_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51797/24/ZAHARA%20AULIA_2283210013_01-.pdf