eprintid: 51641 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 9909 dir: disk0/00/05/16/41 datestamp: 2025-08-11 04:26:44 lastmod: 2025-08-11 04:26:44 status_changed: 2025-08-11 04:26:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FATMALARIASARI, FATMALARIASARI creators_id: 2224200022 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SARI, INDAH JUWITA contributors_name: HENDRIYANI, MILA ERMILA contributors_id: 201508312065 contributors_id: 197509192003122002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN BIOLOGI title: PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI OLABS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI STEM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH ispublished: pub subjects: L1 subjects: QK divisions: Biologi divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Olabs application, virtual laboratory, STEM literacy, concept understanding, circulatory system Aplikasi Olabs, laboratorium virtual, literasi STEM, pemahaman konsep, sistem peredaran darah note: Aplikasi Olabs merupakan platform laboratorium virtual berbasis web yang dirancang untuk membantu siswa melakukan eksperimen sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Olabs terhadap pemahaman konsep dan literasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi sistem peredaran darah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya penguasaan konsep ilmiah dan kemampuan literasi STEM dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain pre- test post-test control group. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Serang tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik acak sederhana yaitu diproleh XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov untuk menguji normalitas, Levene untuk menguji homogenitas, serta paired sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pengaruh penggunaan aplikasi Olabs terhadap pemahaman konsep dan literasi STEM masing-masing diproleh nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05). Temuan pada penelitian ini, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Olabs terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan literasi STEM siswa, terutama dalam mengaitkan konsep sains dengan teknologi dan aplikasi dalam kehidupan nyata. Implikasi pada penelitian ini yaitu merekomendasikan penggunaan aplikasi berbasis laboratorium virtual sebagai alternatif pembelajaran interaktif yang mendukung peningkatan kompetensi siswa secara holistik. abstract: The Olabs application is a web-based virtual laboratory platform designed to help students conduct science experiments. This study aims to determine the effect of using the Olabs application on the understanding of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) concepts and literacy in the circulatory system material. The background of this study is based on the importance of mastering scientific concepts and STEM literacy skills in facing the challenges of the 21st century. The research method used is a quasi-experiment with a pre-test post-test control group design. The population in the study were all students of grade XI at SMA Negeri 4 Kota Serang in the 2024/2025 academic year. The research sample was determined based on a simple random technique, namely obtained XI MIPA 5 as the experimental class and XI MIPA 6 as the control class. Data collection techniques used tests, questionnaires, and observation sheets for the implementation of learning. Data analysis techniques used Kolmogorov Smirnov to test normality, Levene to test homogeneity, and paired sample t-test to test the hypothesis. The results of the hypothesis test of the effect of using the Olabs application on conceptual understanding and STEM literacy each obtained a significance value of 0.000 (0.000 <0.05). The findings in this study concluded that the use of the Olabs application was proven to be effective in improving students' conceptual understanding and STEM literacy, especially in linking science concepts with technology and applications in real life. The implications of this study are to recommend the use of virtual laboratory-based applications as an alternative interactive learning that supports the improvement of student competence holistically. date: 2025 date_type: published pages: 221 institution: UNIVERISSTAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN BIOLOGI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: FATMALARIASARI, FATMALARIASARI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI OLABS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI STEM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. S1 thesis, UNIVERISSTAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/1/Fatmalariasari_2224200022_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/2/FATMALARIASARI_2224200022_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/3/FATMALARIASARI_2224200022_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/4/FATMALARIASARI_2224200022_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/5/FATMALARIASARI_2224200022_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/6/FATMALARIASARI_2224200022_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/7/FATMALARIASARI_2224200022_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/8/FATMALARIASARI_2224200022_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51641/9/FATMALARIASARI_2224200022_LAMP.pdf