TY - THES A1 - AULIA SANI, FARAH TI - ANALISIS MOTIVASI ORANG TUA DALAM MEMILIH LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI SOLUSI KESULITAN BELAJAR ANAK DI KOTA TANGERANG EP - 201 UR - https://eprints.untirta.ac.id/51552/ N1 - Konteks peneliti melakukan penelitian ini adalah adanya hambatan dalam pendidikan seperti : (1) Masih banyak siswa SMP yang mengalami kesulitan dalam belajar. (2) Kurangnya tanggung jawab orang tua dalam mendampingi belajar anaknya. (3) Munculnya persaingan antar orang tua siswa dalam memilih LBB yang terbaik untuk alternatif pendidikan anak. (4) LBB diselenggarakan sebagai ladang bisnis guna memenuhi permintaan konsumen atau orang tua, bukan untuk mencapai tujuan pendidikan. (5) Mendaftarkan anak ke LBB bagi beberapa orang tua sudah dijadikan gaya hidup sebagai wujud gengsi dari para orang tua. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan, (1) Untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi orang tua dalam mendaftarkan anaknya ke Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Tangerang. (2) Untuk mengetahui apa alasan orang tua anak dalam memilih Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Tangerang. (3) Untuk mengetahui apakah kesulitan belajar anak terbantu dengan mengikuti kegiatan belajar tambahan yang dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar. Peneliti menggunakan metode gabungan atau mixed methods dengan dan kompetensi tutor. Perubahan yang dialami anak setelah mengikuti LBB, anak mengalami peningkatan pemahaman terhadap materi pelajaran setelah mengikuti LBB. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang disampaikan adalah untuk orang tua hendaknya mendukung serta berkomitmen untuk selalu memberikan bimbingan, dan dorongan agar anak semangat belajar, dan LBB harus lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran serta dapat memilih tutor yang kompeten. metode survey dan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu beberapa dari orang tua yang anaknya terdaftar di LBB Nurul Fikri Perumnas II, Ganesha Operation Unit Beringin, dan Maestro Karawaci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode angket survei, wawancara, dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu motivasi orang tua mendaftarkan anak ke LBB karena orang tua menginginkan prestasi anaknya meningkat. Alasan orang tua memilih LBB tertentu dilihat dari kualitas pengajaran. dan kompetensi tutor. Perubahan yang dialami anak setelah mengikuti LBB, anak mengalami peningkatan pemahaman terhadap materi pelajaran setelah mengikuti LBB. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang disampaikan adalah untuk orang tua hendaknya mendukung serta berkomitmen untuk selalu memberikan bimbingan, dan dorongan agar anak semangat belajar, dan LBB harus lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran serta dapat memilih tutor yang kompeten. PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA Y1 - 2025/07/14/ ID - eprintuntirta51552 M1 - sarjana N2 - The context in which the researcher conducted this study is the existence of obstacles in education such as: (1) There are still many junior high school students who experience difficulties in learning. (2) Lack of parental responsibility in accompanying their children's learning. (3) The emergence of competition between parents of students in choosing the best LBB for alternative children's education. (4) LBB is organized as a business field to meet the demands of consumers or parents, not to achieve educational goals. (5) Registering children to LBB for some parents has become a lifestyle as a form of prestige from parents. From these problems, the researcher conducted this research with the objectives, (1) To find out what motivates parents in registering their children to tutoring institutions in Tangerang City. (2) To find out what are the reasons for parents of children in choosing Tutoring Institutions in Tangerang City. (3) To find out if children's learning difficulties are helped by participating in additional learning activities carried out at the Tutoring Institution. The researcher uses a combined method or mixed methods with a survey method and a descriptive method. The data sources in this study are several parents whose children are registered in LBB Nurul Fikri Perumnas II, Ganesha Operation Unit Beringin, and Maestro Karawaci. The data collection technique in this study was carried out using survey questionnaire methods, interviews, and documentation studies. The conclusion of this study is that the motivation of parents to enroll their children in LBB is because parents want their children's achievements to increase. The reason parents choose a particular LBB is seen from the quality of teaching and the competence of the tutors. Changes experienced by children after participating in LBB, children experience an increase in understanding of subject matter after participating in LBB. Based on the results of this study, the advice conveyed is that parents should support and commit to always provide guidance, and encouragement so that children are enthusiastic about learning, and LBB must be more creative and innovative in providing learning and be able to choose competent tutors. AV - restricted ER -