%0 Thesis %9 S1 %A HARYANTI, SIFA NADILA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, %A JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN, %B ILMU PEMERINTAHAN %D 2025 %F eprintuntirta:51511 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Aje Kendor Sekolah, Out-of-School Children, Public Service Innovation. Aje Kendor Sekolah, Anak Tidak Sekolah, Inovasi Pelayanan Publik. %P 220 %T INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI PROGRAM AJE KENDOR SEKOLAH DALAM RANGKA MENGEMBALIKAN ANAK TIDAK SEKOLAH (ATS) DI KOTA SERANG TAHUN 2023-2024 %U https://eprints.untirta.ac.id/51511/ %X This research examines public service innovation through the Aje Kendor Sekolah Program in an effort to restore out-of-school children in Serang City for the 2023- 2024 period. The background of this problem is the high number of out-of-school children which requires effective policy intervention. The research objectives are to analyze the implementation of the Aje Kendor Sekolah Program, identify supporting and inhibiting factors, and evaluate its impact on reducing the number of out-of-school children. This research uses a qualitative method with a case study approach, collecting data through interviews, observations, and documentation studies. The results showed that the Aje Kendor Sekolah Program succeeded in creating innovation in public services by involving various stakeholders, such as local government, schools, communities, and families. The program has a positive impact on returning out-of-school children to school through various strategies such as data collection, motivation, facilitation, and mentoring. However, challenges such as limited resources and coordination between parties still need to be optimized for program sustainability. %Z Penelitian ini mengkaji inovasi pelayanan publik melalui Program Aje Kendor Sekolah dalam upaya mengembalikan Anak Tidak Sekolah di Kota Serang periode 2023-2024. Latar belakang masalah ini adalah tingginya angka Anak Tidak Sekolah yang memerlukan intervensi kebijakan yang efektif. Tujuan penelitian adalah menganalisis implementasi Program Aje Kendor Sekolah, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta mengevaluasi dampaknya terhadap penurunan jumlah Anak Tidak Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Aje Kendor Sekolah berhasil menciptakan inovasi dalam pelayanan publik dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, sekolah, masyarakat, dan keluarga. Program ini memberikan dampak positif dalam mengembalikan Anak Tidak Sekolah ke bangku sekolah melalui berbagai strategi seperti pendataan, motivasi, fasilitasi, dan pendampingan. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan koordinasi antarpihak masih perlu dioptimalkan untuk keberlanjutan program.