eprintid: 51457 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/05/14/57 datestamp: 2025-07-14 04:12:03 lastmod: 2025-07-14 04:12:03 status_changed: 2025-07-14 04:12:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FERNANDA, RONI creators_id: 3336130520 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Intari, Dwi esti contributors_name: Novi, Dwi corp_creators: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN (BLACKSITE) DENGAN MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DAN CUMMULATIVE SUMMARY (CUSUM) (Studi Kasus : Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat ) ispublished: unpub subjects: TA divisions: Sipil full_text_status: restricted keywords: Cusum, Z-Score, Black site, faktor penyebab kecelakaan, karakteristik kecelakaan abstract: Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kepolisian Metro Jaya terdapat 61 lokasi yang rawan kecelakaan di Provinsi DKI Jakarta, Daan Mogot adalah salah satu lokasi yang termasuk daerah rawan kecelakaan. Daan Mogot adalah jalan nasional yang menghubungkan antara kota Jakarta dengan kota Tangerang, Berdasarkan data dari satlantas Kepolisian Metro Jaya terdapat beberapa wilayah di Jalan Daan Mogot yang sering mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, Jalan Daan Mogot dipilih sebagai daerah yang akan dilakukan evaluasi mengenai keselamatan jalan/Road Safety. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua metode yaitu metode z-score untuk menganalisis daerah rawan kecelakaan dan metode cummulative summary (cusum) untuk menganalisis titik rawan kecelakaan. Metode z-score digunakan lebih dahulu untuk mengetahui daerah rawan kecelakaan atau black site kemudian dianalisis titik rawan kecelakaannya atau black spot dengan menggunakan metode cummulative summary (cusum). Hasil dari analisis terhadap data kecelakaan yang didapat kesimpulan bahwa dari 12 segmen Daan Mogot yang paling besar angka kecelakaan terjadi pada wilayah kec.Kebon Besar, kemudian wilayah kec.Cengkareng Timur, wilayah kec.Kedoya Utara, wilayah kec.Kalideres, kec.Cengkareng Barat, dan paling rendah wilayah kec.Kedaung Kali Angke. Penyebab kecelakaan pada tiap segmen adalah faktor manusia, dengan bentuk keelakaan yang dominan terjadi adalah tabrak lari dan tabrak penyeberang atau pejalan kaki. Modus operandi yang paling dominan adalah kurang konsentrasi dan mendahului. date: 2019 date_type: completed institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Sipil thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: FERNANDA, RONI (2019) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN (BLACKSITE) DENGAN MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DAN CUMMULATIVE SUMMARY (CUSUM) (Studi Kasus : Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat ). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51457/1/File%202%20-%20Abstract%20%28rofi%20Fernanda-3336130520%29.PDF document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51457/2/File%201%20Cover%20-%20Lampiran%20%28Rofi%20Fernanda-3336130520%29.pdf