@phdthesis{eprintuntirta51423, year = {2025}, author = {ROSDIANA ROSDIANA}, title = {PENGARUH ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Engineering Design Process (EDP) terhadap literasi sains siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest with non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Serang, dengan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti terdapat pengaruh signifikan EDP terhadap literasi sains siswa. Skor rata-rata literasi sains siswa di kelas eksperimen meningkat dari 18,98 pada pretest menjadi 89,64 pada posttest. Aspek literasi sains yang memperoleh nilai tertinggi adalah aspek konteks dengan rata-rata sebesar 95,59. Seluruh tahapan EDP, yaitu define, learn, plan, try, test, dan decide, memberikan kontribusi terhadap peningkatan literasi sains siswa. Tahapan EDP mendorong siswa untuk mengidentifikasi masalah, memahami konsep-konsep ilmiah, merancang solusi, mencoba dan menguji ide, serta membuat keputusan berbasis data.}, abstract = {This study aims to examine the effect of the Engineering Design Process (EDP) on students' scientific literacy concerning the concept of environmental pollution. The research employs a quantitative approach using a quasi experimental method with a pretest-posttest non-equivalent control group design. The population of the study consisted of all 10th-grade students at SMA Negeri 7 Kota Serang, with the sample comprising two classes: a control class and an experimental class. The sample was selected using cluster random sampling. Data were collected through both test and non-test instruments. Data analysis was conducted using an independent samples t-test with the assistance of SPSS 25.0 software. The hypothesis testing results showed a Sig. (2-tailed) value of 0.000, indicating a significant effect of EDP on students' scientific literacy. The average scientific literacy score in the experimental class increased from 18.98 in the pretest to 89.64 in the posttest. The highest-scoring aspect of scientific literacy was the context aspect, with an average of 95.59. All stages of the EDP{--}define, learn, plan, try, test, and decide{--}contributed to improving students' scientific literacy. Each stage encouraged students to identify problems, understand scientific concepts, design solutions, try and test ideas, and make data-based decisions.}, keywords = {Engineering Design Process (EDP), Scientific Literacy, Learning Model, Environmental Pollution. Engineering Design Process (EDP), Literasi Sains, Model Pembelajaran, Pencemaran Lingkungan}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/51423/} }