eprintid: 51368 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 20530 dir: disk0/00/05/13/68 datestamp: 2025-08-06 06:43:52 lastmod: 2025-08-06 06:43:52 status_changed: 2025-08-06 06:43:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: OKTOVIANI, MAYUNDA creators_id: 2225200001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: NOVALIYOSI, NOVALIYOSI contributors_name: FATHURROHMAN, MAMAN contributors_id: 198009242006042002 contributors_id: 198209252006041001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP ispublished: pub subjects: LB1603 subjects: QA divisions: FKIP divisions: Matematika full_text_status: restricted keywords: Learning Media, Flipbook, Mathematical Literacy Skills, Media Pembelajaran, Flipbook, Kemampuan Literasi Matematis note: Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan literasi matematis siswa SMP. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya pemanfaatan media pembelajaran, sehingga siswa kurang memiliki ketertarikan pada pembelajaran matematika. Teknologi yang dipilih sebagai bentuk digitalisasi adalah dengan menggunakan bantuan flipbook, sebagai media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Mancak, dengan subjek penelitian kelas VIII B sebanyak 28 siswa. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh validator diperoleh hasil validator ahli pendidikan sebesar 94,2% dengan kriteria sangat valid, ahli media sebesar 93,3% dengan kriteria sangat valid, dan ahli materi sebesar 97,5% dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil angket respon pendidik sebesar 93,8% dengan kriteria sangat praktis dan respon peserta didik sebesar 84,18% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan diperoleh hasil N-Gain score sebesar 0,660754 dengan kriteria sedang dan persentase sebesar 66.08% dengan kategori efektif yang diperoleh dari peningkatan rata-rata hasil pada nilai pretest ke posttest. Dan diperkuat dengan hasil Uji Paired Sample T-Test diperoleh signifikansi sebesar 0,000 yang artinya 0,0000 < 0,05, itu berarti terdapat perbedaan nilai siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flipbook. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan flipbook untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dinyatakan valid, praktis, dan efektif. abstract: This research is motivated by the low mathematical literacy skills of junior high school students. One of the causes is the low utilization of learning media, so that students have less interest in learning mathematics. The technology chosen as a form of digitalization is by using flipbook assistance, as a learning media that is expected to improve junior high school students' mathematical literacy skills. The purpose of this study is to produce learning media that meets the validity, practicality and effectiveness to improve mathematical literacy skills. The development model used in this study is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research was conducted at SMPN 2 Mancak, with 28 class VIII B research subjects. Based on the assessment conducted by the validator, the results of the education expert validator were 94.2% with very valid criteria, media experts 93.3% with very valid criteria, and material experts 97.5% with very valid criteria. The results of the educator response questionnaire were 93.8% with very practical criteria and student responses were 84.18% with a very practical category. The results of the effectiveness test obtained an N-Gain score of 0.660754 with moderate criteria and a percentage of 66.08% with an effective category obtained from the increase in the average results from the pretest to posttest scores. And reinforced by the results of the Paired Sample T-Test, a significance of 0.000 was obtained, which means 0.0000 < 0.05, meaning there is a difference in student scores between before and after using flipbook learning media. Based on the results of the study, it can be concluded that flipbook-assisted learning media to improve mathematical literacy skills is declared valid, practical, and effective. date: 2025 date_type: published pages: 219 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN MATEMATIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: OKTOVIANI, MAYUNDA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/1/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/2/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/3/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/4/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/5/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/6/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/7/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/8/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51368/9/Mayunda%20Oktoviani_2225200001_CP.pdf