eprintid: 51313 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/05/13/13 datestamp: 2025-07-11 08:21:02 lastmod: 2025-07-11 08:21:02 status_changed: 2025-07-11 08:21:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURKUMALASARI, NURKUMALASARI creators_id: 3336140444 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Intari, Dwi esti contributors_name: Baehaki, Baehaki contributors_id: 198601242014042001 contributors_id: 198705082015041001 corp_creators: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: ANALISIS KINERJA ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) TRAYEK SERANG – BALARAJA E-08 ispublished: unpub subjects: TA divisions: Sipil full_text_status: restricted keywords: AKDP, Analisis, Kinerja, Serang, Balaraja abstract: Daerah Serang hingga Balaraja merupakan kawasan industri, permukiman serta perdagangan, tempat berlangsung kegiatan penting seperti kegiatan ekonomi, sosial maupun kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut tidak berlangsung di satu tempat, maka mengharuskan adanya pergerakan atau perjalanan dengan menggunakan transportasi yang melibatkan sarana dan prasarana. Angkutan umum dan prasarana transportasi harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian terhadap kinerja angkutan umum karena memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung aktifitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja angkutan umum serta untuk mengetahui bagaimana kinerja angkutan umum AKDP trayek Serang - Balaraja E-08. Penelitian ini diawali dengan menentukan jumlah sampel menggunakan metode simple random sampling kemudian disesuaikan dengan metode proporsi sampling dan selanjutnya data dianalisa berdasarkan standar pelayanan angkutan umum Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (2002) dan Standard World Bank (1986). Berdasarkan hasil analisa, didapatkan indikator yang dapat mempengaruhi kinerja angkutan umum AKDP yaitu faktor muat, waktu perjalanan, kecepatan kendaraan, frekuensi, headway, waktu tunggu, awal dan akhir perjalanan, waktu pelayanan, dan jumlah kendaraan yang beroperasi. Hasil dari kinerja angkutan umum AKDP pada hari kerja memperoleh total nilai bobot 24 dan pada hari libur memperoleh total nilai bobot 23, hasil tersebut menunjukan kriteria “Baik”, sesuai dengan standar dari Direrktorat Jenderal Perhubungan Darat (2002). Sedangkan untuk hasil kinerja angkutan umum AKDP dengan Standard World Bank (1986), pada hari kerja dan hari libur indikator yang memenuhi standar tersebut yaitu faktor muat penumpang dan indikator yang tidak memenuhi standar dari World Bank yaitu waktu perjalanan, kecepatan perjalanan, frekuensi, headway dan waktu tunggu. date: 2019 date_type: completed institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Sipil thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NURKUMALASARI, NURKUMALASARI (2019) ANALISIS KINERJA ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) TRAYEK SERANG – BALARAJA E-08. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51313/1/File%202%20Abstrak%20%28Nurkumalasari-3336140444%29.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51313/2/File%201%20Cover%20-%20Lampiran%20%28Nurkumalasari-3336140444%29.pdf