%0 Thesis %9 S1 %A Astuti, Sri Handayani %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Biologi, %B Pendidikan Biologi %D 2025 %F eprintuntirta:51273 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K E-LKPD, guided discovery, OLabs, photosynthesis, science process skills. E-LKPD, fotosintesis, guided discovery, keterampilan proses sains, OLabs. %P 300 %T Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Discovery dengan Memanfaatkan OLabs pada Submateri Fotosintesis untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa %U https://eprints.untirta.ac.id/51273/ %X The utilization of virtual laboratory technology provides practical learning experiences that enhance students' science process skills. However, structured guidance through an E-LKPD is necessary to ensure effective and directed experiments. This study aims to develop an E-LKPD based on guided discovery utilizing OLabs for the photosynthesis submaterial to improve students' science process skills and evaluate the feasibility of E-LKPD based on expert validation, individual trials with teachers, and small group trials with students. The research method used is Research and Development (R&D) adapting the ADDIE model, encompassing the analysis, design, and development stages until the formative evaluation sub-stage. The study was conducted from May 2024 to May 2025 at Sultan Ageng Tirtayasa University and SMAN 1 Cikeusal. The feasibility assessment of the E-LKPD based on material expert validation scored 92%, and media expert validation scored 95%, both categorized as highly feasible, with a reliability test yielding a percentage agreement (PA) of 93%. The individual trials with biology teachers resulted in 85% score, while the small group trials with 12th grade science students scored 80%. Based on the results, the E-LKPD based on guided discovery utilizing OLabs is highly feasible to proceed to the implementation stage as a teaching material to enhance students' understanding of photosynthesis concepts and improve their science process skills. %Z Pemanfaatan teknologi laboratorium virtual dapat memberikan pengalaman praktikum yang mendukung peningkatan keterampilan proses sains siswa. Akan tetapi, diperlukan panduan berupa E-LKPD agar eksperimen lebih terarah dan efektif dalam mengembangkan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis guided discovery dengan memanfaatkan OLabs pada submateri fotosintesis untuk melatih keterampilan proses sains siswa serta mengetahui kelayakannya berdasarkan validasi ahli, uji coba perorangan pada guru, dan uji coba kelompok kecil pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE, yang mencakup tahap analisis, desain, dan pengembangan sampai subtahap evaluasi formatif. Penelitian dilaksanakan pada Mei 2024–Mei 2025 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan SMAN 1 Cikeusal. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai rata-rata 92% dan validasi ahli media rata-rata 95%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak, dengan uji reliabilitas memperoleh percentage agreement (PA) sebesar 93%. Adapun hasil uji coba perorangan pada guru memperoleh nilai rata-rata 85%, sedangkan uji coba kelompok kecil pada siswa kelas XII IPA memperoleh nilai rata-rata 80%. Berdasarkan hasil penelitian, E-LKPD berbasis guided discovery yang memanfaatkan OLabs termasuk dalam kategori sangat layak untuk dilanjutkan ke tahap implementasi sebagai bahan ajar untuk memahami konsep fotosintesis dan melatih keterampilan proses sains siswa.