eprintid: 51257 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 8544 dir: disk0/00/05/12/57 datestamp: 2025-08-02 07:16:54 lastmod: 2025-08-02 07:16:54 status_changed: 2025-08-02 07:16:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PAMUNGKAS, BAGUS ARYA creators_id: 6661210021 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ARENAWATI, ARENAWATI contributors_id: 197004102006042001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: ADMINISTRASI PUBLIK title: STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI SAWARNA KECAMATAN BAYAH KABUPATEN LEBAK ispublished: pub subjects: FISIP_PA divisions: FISIP divisions: FISIP_PAD full_text_status: restricted keywords: Development Strategy, Sawarna Beach, Tourism Area Kawasan Wisata, Pantai Sawarna, Pengembangan Wisata note: Kunjungan wisatawan masih fluktuatif, kurangnya saran dan prasarana, promosi yang belum optimal, sumber daya manusia dan aparatur yang masih terbatas, kurangnya koordinasi kelembagaan, pengelolaan tata ruang yang belum efektif, pungutan liar yang masih menjadi masalah di Pantai Sawarna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai strategi pengembangan kawasan wisata Pantai Sawarna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu analisis untuk menggambarkan atau memecahkan masalah secara sistematis dengan menggunakan metode analisis SWOT untuk melihat sejauh mana strategi pengembangan kawasan wisata Pantai Sawarna yang diterapkan berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta didukung oleh komponen 4A yang terdiri dari atraksi, aksesibilitas, amenitas dan amenitas. Hasil pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara menunjukkan bahwa strategi pengembangan kawasan wisata yang tepat berada pada kuadran pertama yaitu strategi agresif yaitu. memanfaatkan keaslian dan keindahan alam serta potensi ombak untuk mengembangkan pariwisata berbasis budaya dan ekowisata, memperbanyak event dan festival budaya secara rutin untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, melakukan kerja sama dengan investor dan pihak swasta untuk mengembangkan wahana baru, menambah paket-paket wisata dengan berbagai atraksi, memanfaatkan program pemerintah dan teknologi digital untuk meningkatkan infrastruktur dan dan transportasi, mengembangkan transportasi ramah lingkungan dan perbaikan marka jalan, optimalisasi fasilitas yang melibatkan UMKM lokal dan dukungan CSR, pengembangan fasilitas modern seperti glamping dan resort, peningkatan pelatihan bagi pengelola fasilitas untuk menjaga kualitas layanan, peningkatan kualitas layanan pendukung melalui pelatihan pemandu wisata dan program kebersihan yang berkesinambungan, penguatan peran serta masyarakat lokal dalam mengelola kawasan wisata dan pengembangan sistem pengelolaan sampah terpadu yang ramah lingkungan. abstract: Tourist visits are still fluctuating, there is a lack of advice and infrastructure, promotion is not optimal, human resources and apparatus are still limited, there is a lack of institutional coordination, spatial management is still effective, illegal levies are still a problem at Sawarna Beach. The aim of this research is to find out more deeply and get a clearer picture regarding the strategy for developing the Sawarna Beach tourist area. This research uses a type of qualitative descriptive research, namely analysis to describe or solve problems systematically using the SWOT analysis method to see to what extent the tourism development strategy for the Sawarna Beach area is implemented based on strengths, weaknesses, opportunities and threats and is supported by the 4A components consisting of attraction, accessibility, amenties and ancillaries. The results of data collection through observation, documentation and interviews show that the appropriate strategy for developing tourist areas is in the first quadrant, namely an aggressive strategy, namely. utilizing the authenticity and beauty of nature and the potential of waves to develop culture-based tourism and ecotourism, increasing the number of events and cultural festivals on a regular basis to increase tourist visits, collaborating with investors and the private sector to develop new rides, adding tour packages with various attractions, utilizing government programs and digital technology to improve infrastructure and transportation, developing environmentally friendly transportation and improving signage, optimizing facilities involving local MSMEs and CSR support, developing modern facilities such as glamping and resorts, increasing training for facility managers to maintain service quality, improving the quality of supporting services through training tour guides and sustainable cleaning programs, strengthening local community participation in managing tourist areas and developing an environmentally friendly integrated waste management system. date: 2025 date_type: published pages: 302 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: ADMINISTRASI PUBLIK thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: PAMUNGKAS, BAGUS ARYA (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI SAWARNA KECAMATAN BAYAH KABUPATEN LEBAK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/1/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/2/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/3/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/4/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/5/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/6/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/7/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/51257/8/BAGUS%20ARYA%20PAMUNGKAS_6661210021_07.pdf