%O Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Iklim Inovasi Dan Pembelajaran Kolaborasi Terhadap Kinerja Guru SD Kecamatan Kelapa Dua di Kabupaten Tangerang. Penelitian menggunakan metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup pada 74 responden menggunakan teknik total sampling. Penelitian menggunakan teknik regresi linier sederhana dan berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Iklim inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 0,532 dan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), dengan persamaan regresi Y = 33,807 + 0,532X1. (2) Pembelajaran kolaborasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Koefisien regresi yang diperoleh sebesar 0,336 dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), dan persamaan regresi Y = 42,144 + 0,336X2. (3) Iklim inovasi dan pembelajaran kolaboratif secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 22,319 yang lebih besar dari F tabel 2,733 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Y = 22,823 + 0,443X1 + 0,214X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,369. Artinya besarnya pengaruh iklim inovasi dan pembelajaran kolaborasi terhadap kinerja guru sebesar 36,9% sedangkan sisanya sebesar 63,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. %D 2025 %A Mariyanto Mariyanto %K Innovation Climate, Collaborative Learning, Teacher Performance Iklim Inovasi, Pembelajaran Kolaborasi, Kinerja Guru %T PENGARUH IKLIM INOVASI DAN PEMBELAJARAN KOLABORASI TERHADAP KINERJA GURU SD KECAMATAN KELAPA DUA DI KABUPATEN TANGERANG %L eprintuntirta51194 %X The study aims to describe the influence of Innovation Climate and Collaborative Learning on the Performance of Elementary School Teachers in Kelapa Dua District in Tangerang Regency. The study used an explanatory method with a quantitative approach. The research instrument used a closed questionnaire on 74 respondents using a total sampling technique. The study used simple and multiple linear regression techniques to test the influence of independent variables on dependent variables using SPSS 26. The results of the study showed that: (1) Innovation climate has a positive and significant influence on teacher performance. This is indicated by a regression coefficient of 0.532 and a significance value of 0.000 (<0.05), with a regression equation of Y = 33.807 + 0.532X1. (2) Collaborative learning has a positive and significant influence on teacher performance. The regression coefficient obtained was 0.336 with a significance value of 0.000 (<0.05), and a regression equation of Y = 42.144 + 0.336X2. (3) Innovation climate and collaborative learning simultaneously have a positive and significant influence on teacher performance. This is evidenced by the calculated F value of 22.319 which is greater than the F table of 2.733 and a significance value of 0.000 (<0.05). The multiple regression equation obtained is Y = 22.823 + 0.443X1 + 0.214X2. The coefficient of determination value is 0.369. This means that the magnitude of the influence of innovation climate and collaborative learning on teacher performance is 36.9% while the remaining 63.1% is influenced by other factors not studied by the researcher. %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa