%0 Thesis %9 S1 %A Nawari, Ilham %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Jurusan Pendidikan Non Formal, %B Pendidikan Non Formal %D 2025 %F eprintuntirta:51065 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K Effectiveness, Digital Marketing Training, Entrepreneurship. Efektivitas, Pelatihan Pemasaran Digital, Berwirausaha. %P 200 %T Efektivitas Pelaksanaan Pelatihan Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Kuliner di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Serang %U https://eprints.untirta.ac.id/51065/ %X This study aims to determine (1) The process of implementing a digital marketing training program in increasing interest in culinary entrepreneurship among training participants at BBPVP Serang. (2) The effectiveness of implementing a digital marketing training program in increasing interest in culinary entrepreneurship among training participants at BBPVP Serang. The method used in this study is descriptive analysis with a qualitative approach. The data sources used in primary data are from interviews with 11 informants, while secondary data are from relevant documents such as archives and documentation during the study. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses three stages, namely data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. The results of this study indicate that (1) The implementation of digital marketing training in increasing interest in culinary entrepreneurship among participants is said to be good and appropriate, as evidenced by the selection of competent instructors, a focused participant selection process, relevant training materials, interactive and applicable learning methods, and the formulation of clear objectives. (2) The effectiveness of implementing digital marketing training in increasing interest in culinary entrepreneurship among participants is said to be effective and is reflected in the main indicators, namely participants' understanding of the material, accuracy of participant targets, accuracy of implementation time, achievement of training objectives, and the existence of real changes in participants' skills and readiness to achieve entrepreneurship in the future. %Z Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pelaksanaan program pelatihan pemasaran digital dalam meningkatkan minat berwirausaha kuliner pada peserta pelatihan di BBPVP Serang. (2) Efektivitas pelaksanaan program pelatihan pemasaran digital dalam meningkatkan minat berwirausaha kuliner pada peserta pelatihan di BBPVP Serang. Metode yang digunakan penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan pada data primer dari hasil wawancara 11 informan, sedangkan data sekunder dari dokumen yang relevan seperti, arsip dan dokumentasi saat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan pelatihan pemasaran digital dalam meningkatkan minat berwirausaha kuliner pada peserta dikatakan baik dan sesuai, dibuktikan dari pemilihan instruktur yang kompeten, proses seleksi peserta yang terarah, materi pelatihan yang relevan, metode pembelajaran yang interaktif dan aplikatif, serta perumusan tujuan yang jelas. (2) Efektivitas pelaksanan pelatihan pemasaran digital dalam meningkatkan minat berwirausaha kuliner pada peserta dikatakan efektif dan tergambar dari indaktor utama yaitu pemahaman peserta terhadap materi, ketepatan sasaran peserta, ketepatan waktu pelaksanaan, pencapaian tujuan pelatihan, serta adanya perubahan nyata dalam keterampilan dan kesiapan peserta dalam mencapai berwirausaha di masa mendatang.