@phdthesis{eprintuntirta51007, note = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan numerasi siswa dalam pembelajaran matematika yang masih rendah. Penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dan interaktif mengakibatkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis canva lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis canva terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi-experiment dan menggunakan desain nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII di SMPN 1 Banjar dengan 2 sampel yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah instrument tes kemampuan numerasi yang akan diberikan pada saat pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, hasil rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 12,40 dan 9,87. Selanjutnya, hasil dari uji independent sampel t-test nilai signifikansi sebesar 0,002. Hal tersebut menunjukkan kemampuan numerasi kedua kelas terdapat perbedaan karena taraf Sig. (2-tailed) {\ensuremath{<}} 0,05 maka H\_0 ditolak artinya rata-rata kemampuan numerasi siswa pada materi relasi dan fungsi yang diajar dengan menggunakan media interaktif berbasis canva lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan numerasi siswa pada materi relasi dan fungsi yang diajar dengan tidak menggunakan media interaktif berbasis canva.}, title = {PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, author = {AYU YUNINGSIH}, year = {2025}, keywords = {Canva, Numeracy Skills, Relations and Functions Canva, Kemampuan Numerasi, Relasi dan Fungsi}, abstract = {This research is motivated by the low numeracy skills of students in mathematics learning. The lack of optimal and interactive use of learning media has contributed to this issue. Therefore, this study aims to determine whether students who use Canva-based interactive learning media have better numeracy improvement compared to those who do not use such media. This study is a quantitative research using a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. The population in this study consists of eighth-grade students at SMPN 1 Banjar, with two sample classes: Class VIII E as the experimental class and Class VIII F as the control class. The samples were selected using purposive sampling. The instrument used was a numeracy skill test administered during the pretest and posttest. Based on the research results, the average posttest score in the experimental class was higher than that of the control class, namely 12,40 and 9,87. Respectively. Furthermore, the results of the independent sample t-test showed a significance value of 0,002. This indicates a significant difference in numeracy skills between the two classes, as the Sig. (2-tailed) value is {\ensuremath{<}} 0,05. Therefore, H\_0 is rejected, meaning that the average numeracy skills of students taught using Canva-based interactive media are better than those taught without such media, particularly on the topic of relations and functions.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/51007/} }