@phdthesis{eprintuntirta50971, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Metode pembalajaran yang digunakan dalam mengenalkan pendidikan seksual pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kota Serang. (2) Media pembalajaran yang digunakan dalam mengenalkan pendidikan seksual pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kota Serang. (3) Hasil dari proses pengenalan pendidikan seksual pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan fenomena secara mendalam dan kontekstual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh mengenai proses pembelajaran di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode dan media pembelajaran yang digunakan bersifat aktif dan menyenangkan, meningkatkan pemahaman anak tentang pendidikan seksual. Anak menunjukkan perkembangan positif dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara holistik dan sesuai tahap perkembangan.}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGENALAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SERANG.}, year = {2025}, author = {Nadia Amjadin Nissa Aqila}, abstract = {This study aims to describe: (1) the learning methods used to introduce sexual education to children aged 3?4 years at the Playgroup (KB) of Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) in Serang City; (2) the learning media used in the process; and (3) the outcomes of introducing sexual education to children in this setting. This research employs a descriptive qualitative approach to provide an in-depth and contextual understanding of the phenomenon. Data were collected through observation, in-depth interviews, and documentation to obtain comprehensive insights into the learning process in the field. The results indicate that the learning methods and media used are active and enjoyable, enhancing children's understanding of sexual education. The children showed positive development in cognitive, affective, and psychomotor aspects holistically and in accordance with their developmental stages.}, keywords = {Sexual Education, Early Childhood, Learning Methods, Learning Media, Learning Outco Pendidikan Seksual, Anak Usia Dini, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil Belajar}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/50971/} }