<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN \r\nTERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 \r\nVALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU"^^ . "Motor bakar adalah mesin kalor yang menggunakan proses pembakaran \r\ndalam yang tertutup untuk mengubah energi kimia yang terkandung dalam \r\nbahan bakar menjadi energi mekanis. Ini berarti energi kimia dalam bahan \r\nbakar terlebih dahulu diubah menjadi energi panas melalui proses \r\npembakaran. Penentuan waktu pengapian yang tepat merupakan salah satu \r\nfaktor yang sangat penting untuk mendapatkan kinerja motor yang optimal. \r\nMaka tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan SFC, torsi dan daya \r\nyang dihasilkan sepeda motor dengan mesin DOHC 177cc 4 valve yang \r\ndivariasi dengan variasi waktu pengapian yaitu 24°, 27°, 30°, 33° dan 36° \r\nsebelum titik mati atas. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji \r\ndynotest dan uji konsumsi bahan bakar. Langkah pertama yang dilakukan \r\ndengan mempersiapkan alat, bahan serta pengecekan kondisi dan melakukan \r\ntune up pada sepeda motor. Kemudian mengatur derajat waktu pengapian \r\ntanpa adanya perubahan lain. Melakukan percobaan dynotest, specific fuel \r\nconsumption, serta analisa data. Dilakukan secara eksperimental dengan \r\nputaran mesin 5000 sampai 13000 rpm menggunakan alat dynamometer \r\nSuper Dyno 50L dan variasi derajat waktu pengapian yang digunakan adalah \r\n24°, 27°, 30°, 33° dan 36° sebelum titik mati atas. Kemudian uji bahan bakar \r\ndilakukan dengan mengukur bahan bakar yang di konsumsi selama 2 menit \r\npada putaran mesin 11500 rpm. Hasilnya menunjukan bahwa nilai torsi dan \r\ndaya meningkat pada pengujian dengan masing-masing variasi waktu \r\npengapian, dengan nilai torsi tertinggi pada pengujian dengan waktu \r\npengapian 36° mencapai 16,54 N.m pada putaran mesin 8750 rpm. Nilai daya \r\ntertinggi didapat pada waktu pengapian 36° mencapai 25,77 hp pada putaran \r\nmesin 11750 rpm, Nilai SFC mengalami penurunan pada setiap pengujian \r\nvariasi waktu pengapian dengan waktu pengapian 24°, 27°, 30°, 33° dan 36° \r\nberturut-turut adalah 0,355027 kg/kWh, 0,338934 kg/kWh, 0,326224 \r\nkg/kWh, 0,318126 kg/kWh, dan 0,310504 kg/kWh."^^ . "2022" . . . . "Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . "teknik mesin, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . . . <> . . "Yusvardi"^^ . "Yusuf"^^ . "Yusvardi Yusuf"^^ . . "Ni ketut"^^ . "Caturwati"^^ . "Ni ketut Caturwati"^^ . . "Kholis"^^ . "Muzakki"^^ . "Kholis Muzakki"^^ . . "Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . "PENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN \r\nTERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 \r\nVALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU (Text)"^^ . . . "PENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN \r\nTERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 \r\nVALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU (Text)"^^ . . . "PENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN \r\nTERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 \r\nVALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN \r\nTERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 \r\nVALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #50953 \n\nPENGARUH VARIASI WAKTU PENGAPIAN \nTERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN DOHC 4 \nVALVE 177 CC MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE ECU\n\n" . "text/html" . . . "TJ Mechanical engineering and machinery"@en . .