<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH \r\nPADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP \r\nPERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI"^^ . "Motor bakar otto 4 langkah adalah jenis mesin pembakaran dalam yang \r\nmelakukan proses perubahan energy panas hasil pembakaran menjadi energi kerak \r\nputar yang dapat dipergunakan dalam berbagai keperluan. Dalam rangka \r\nmeningkatkan performa ada banyak factor yang mempengaruhi, salahsatunya ialah \r\naliran udara yang pada port cylinder head. Oleh karena itu dilakukan penelitian \r\ntentang pengaruh porting and polish terhadap engine air flow, daya, torsi, SFC, \r\nBMEP, serta efisiensi termal pada mesin DOHC 4 valve 150cc di putaran mesin \r\n8000, 9000, 10000 rpm menggunakan metode eksperimen. Hasilnya Torsi tertinggi \r\ndihasilkan pada variasi meggunakan port berkapasitas 94,3CFM dengan penambahan \r\nvelocity stack pada 8000 rpm 13,4Nm, pada putaran 9000 rpm 14,18Nm dan pada \r\n10000rpm 13,59Nm. Semakin tinggi kapasitas debit saluran semakin tinggi pula daya \r\nefektif mesin. Perolehan daya tertinggi dihasilkan pada variasi meggunakan port \r\nberkapasitas 94,3CFM dengan penambahan velocity stack pada 8000 rpm 15,53 hp, \r\npada putaran 9000rpm 17,90 hp dan pada 10000rpm 19,07 hp. SFC terhemat \r\ndihasilkan pada pengujian menggunakan port berkapasitas 94,3CFM dengan \r\npenambahan velocity stack pada 8000 rpm 0,245kg/kWh, pada 9000 rpm \r\n0,279kg/kWh, dan pada 10000 rpm 0,353kg/kWh. BMEP tertinggi dihasilkan dari \r\npengujian menggunakan port berkapasitas 94,3CFM dengan penambahan velocity \r\nstack, pada 8000 rpm yaitu 1179kPa, pada 9000 rpm yaitu 1208kPa, dan pada 10000 \r\nrpm lebih yaitu 1158kPa. Efisiensi termal efektif tertinggi diperoleh dari pengujian \r\nmenggunakan port berkapasitas 94,3CFM menggunakan velocity stack yaitu 32,7% \r\npada 8000rpm, 28,7% pada 9000rpm, dan 22,7% pada 10000rpm."^^ . "2021" . . . . "Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . "teknik mesin, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . . . <> . . "Ni ketut"^^ . "Caturwati"^^ . "Ni ketut Caturwati"^^ . . "Yusvardi"^^ . "Yusuf"^^ . "Yusvardi Yusuf"^^ . . "BENTA TANAMAL"^^ . "WARDOYO"^^ . "BENTA TANAMAL WARDOYO"^^ . . "Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . "PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH \r\nPADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP \r\nPERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI (Text)"^^ . . . "PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH \r\nPADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP \r\nPERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI (Text)"^^ . . . "PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH \r\nPADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP \r\nPERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH \r\nPADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP \r\nPERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #50919 \n\nPENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH \nPADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP \nPERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI\n\n" . "text/html" . . . "TJ Mechanical engineering and machinery"@en . .