@mastersthesis{eprintuntirta50831, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, author = {GADIS NIYANTI PERTIWI}, title = {PENGARUH BUDAYA LITERASI DAN PENGGUNAAN KOMIK BAHASA JAWA SERANG TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA JAWA SERANG KELAS IV SDN KUBANG APU}, year = {2025}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya literasi dan penggunaan media komik berbahasa Jawa Serang terhadap kemampuan kosa kata peserta didik kelas IV di SDN Kubang Apu, Kota Serang. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam menggunakan dan memahami Bahasa Jawa Serang, yang merupakan bagian penting dari kearifan lokal masyarakat Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, di mana dua kelas dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan melalui budaya literasi membaca dan media komik Bahasa Jawa Serang, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik budaya literasi maupun penggunaan komik secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Jawa Serang. Selain itu, terdapat pengaruh interaksi antara kedua variabel tersebut terhadap kemampuan berbahasa peserta didik. Dengan demikian, penggunaan pendekatan berbasis literasi dan media kontekstual seperti komik berbahasa daerah terbukti efektif dalam pelestarian bahasa lokal sekaligus meningkatkan penguasaan berbahasa peserta didik.}, keywords = {Literacy Culture, Serang Javanese Comics, Vocabulary mastery, Local Language Budaya Literasi, Komik Bahasa Jawa Serang, penguasaan Kosa Kata, Bahasa Daerah}, abstract = {This study aims to examine the influence of literacy culture and the use of comic media in the Serang Javanese language on the vocabulary mastery of fourth-grade students at SDN Kubang Apu, Serang City. The background of this research stems from students? low proficiency in understanding and using the Serang Javanese language, which is a vital part of local wisdom in Banten. The research used a quantitative approach with a quasi-experimental design involving two groups: an experimental class and a control class. The experimental class received treatment using a reading literacy culture and Serang Javanese comic media, while the control class underwent conventional learning. Data were collected through tests and questionnaires. The results revealed that both the literacy culture and the use of comics significantly improved students' Serang Javanese vocabulary mastery. Furthermore, an interaction effect between the two independent variables was found to influence students? language ability. Therefore, this study supports the effectiveness of literacy-based instruction and contextual media such as local-language comics in preserving regional languages and enhancing students? language proficiency.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/50831/} }